e-Money vs e-Wallet, Ini Perbedaannya

Uang elektronik (e-money) dan dompet elekronik (e-wallet) merupakan dua alat pembayaran digital yang semakin populer di Indonesia. Keduanya seringkali disalahartikan sebagai hal yang sama. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang cukup mendasar. 

E-money adalah uang yang disimpan dalam media elektronik tertentu, seperti kartu atau chip. Biasanya, e-money dirilis oleh lembaga perbankan. Beberapa contoh e-money adalah Flazz (BCA), eMoney (Mandiri), TapCash (BNI), Brizzi (BRI), dsb. 

Sementara itu, e-wallet adalah teknologi finansial berbentuk aplikasi yang digunakan untuk menyimpan uang dan melakukan transaksi secara online. Beberapa contoh e-wallet adalah Gopay, OVO, DANA, ShopeePay, LinkAja, dsb. 

Agar #SahabatPrimacom makin paham, yuk simak ulasan lebih lengkap di bawah ini mengenai perbedaan e-money dan e-wallet

Bentuk

E-money berbentuk fisik, yakni kartu atau chip. Kartu e-money dapat dibeli di bank atau merchant yang menyediakan layanan e-money. Sebaliknya, e-wallet berbentuk digital, biasanya berupa aplikasi yang dapat diunduh di perangkat ponsel.

Terkoneksi dengan internet

Pengguna tidak membutuhkan internet ketika ingin menggunakan e-money. Sementara itu, ketika ingin menggunakan e-wallet, pengguna harus memastikan perangkat ponselnya terhubung dengan internet. 

Jenis transaksi

E-money biasanya digunakan untuk transaksi yang membutuhkan pembayaran secara langsung, seperti pembayaran transportasi umum, pembayaran jalan tol, dan pembelian tiket di tempat hiburan. Di sisi lain, e-wallet biasanya digunakan untuk transaksi yang membutuhkan pembayaran secara tidak langsung, seperti pembayaran belanja online, pembayaran tagihan, dan transfer uang.

#SahabatPrimacom, demikianlah perbedaan mendasar antara e-money dan e-wallet. Kedua metode pembayaran ini dapat mempermudah masyarakat karena tidak harus membawa banyak uang kertas saat bepergian sekaligus mendukung Gerakan Nasional Non Tunai yang dikampanyekan Bank Indonesia. 

Menggunakan teknologi berbasis satelit dan terestrial, Primacom dapat membangun infrastruktur komunikasi yang andal guna mendukung implementasi penggunaan e-money dan e-wallet yang aman, lancar, dan efisien. 

Klik di sini untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan tim Primacom dan dapatkan penawaran menarik! 

Similar Posts