|

Apa Perbedaan Artificial Intelligence dan Computer Vision?

Artificial Intelligence (AI) dan Computer Vision (CV) adalah dua bidang teknologi yang saling berkaitan erat, tetapi memiliki perbedaan yang mendasar. 

Computer Vision and Smart surveillanceImage by Freepk.

AI adalah kecerdasan buatan yang memungkinkan komputer untuk meniru kemampuan kognitif manusia, seperti belajar, memecahkan masalah, dan membuat keputusan. Sementara itu, CV lebih berfokus pada pengembangan sistem yang dapat memahami dan memproses informasi visual dari dunia nyata. 

Supaya lebih jelas, mari simak penjelasan berikut ini! 

Artificial Intelligence (AI)

AI adalah kemampuan mesin untuk meniru kemampuan kognitif manusia. Teknologi ini memungkinkan komputer untuk memproses informasi dan bahkan membuat keputusan berdasarkan logika tertentu. AI memiliki berbagai implementasi, mulai dari pengenalan suara, pengenalan wajah, pengukuran kecepatan kendaraan, hingga asisten virtual. Teknologi AI dapat dimanfaatkan pada semua bidang industri untuk menyederhanakan proses, meningkatkan akurasi, meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, dan sebagainya. 

Computer Vision (CV)

CV merupakan salah satu bentuk pengembangan AI untuk memahami dan memproses informasi visual, seperti gambar dan video. CV membantu komputer mengidentifikasi dan memahami objek di dunia nyata melalui teknik deep learning ataupun convolutional neural networks (CNN). Dengan teknologi CV, komputer bahkan dapat mengenali wajah manusia dengan mengidentifikasi perbedaan mata, mulut, hidung, dan fitur lain dari wajah seseorang. 

AI dan CV sama-sama menggunakan teknik machine learning atau pembelajaran mesin. Keduanya sama-sama digunakan untuk memproses dan menganalisis data serta dipakai untuk mengoptimalkan kerja komputer. 

Perbedaanya terletak pada 3 komponen berikut ini. 

Artificial Intelligence (AI) Computer Vision (CV)
Fokus pengembangan sistem yang dapat meniru kemampuan kognitif manusia secara umum pengembangan sistem yang dapat memahami dan memproses informasi visual
Input Data memproses berbagai jenis data, seperti teks, suara, dan sensor hanya memproses data visual
Hasil  hasil analisis beragam, mulai dari keputusan, prediksi, hingga rekomendasi tindakan hasil analisis berupa deskripsi informasi visual

Primacom dapat membantu mengoptimalkan operasional perusahaan melalui teknologi Computer Vision. Salah satunya dengan hadirnya Primacom Smart e-View, yang dapat menganalisis pergerakan dan objek di lingkungan kerja, serta mengirimkan notifikasi secara real-time apabila menemukan anomali.

Hubungi Primacom di sini untuk konsultasi lebih lanjut dan mendapat penawaran menarik! 

Similar Posts