3 Pekerjaan Menjanjikan di Bidang Digital

Digitalisasi melahirkan banyak peluang karier baru. Ada banyak bidang pekerjaan yang pada tahun-tahun sebelumnya belum dikenal, tetapi sangat dibutuhkan di tengah laju digitalisasi saat ini. Apalagi teknologi digital sudah makin terintegrasi dalam dunia bisnis. Artinya, kebutuhan akan tenaga profesional digital pun meningkat pesat.

Sumber ilustrasi: https://img.freepik.com/free-photo/collaborative-process-multicultural-businesspeople-using-laptop-presentation-communication-meeting-brainstorming-ideas-about-project-colleagues-working-plan-success-strategy-modern-office_7861-2510.jpg?w=996&t=st=1675217238~exp=1675217838~hmac=1fb52421df4b6c093b87539013d86ad3181bfeda7ad08de2a663450b4183f371

Dilansir dari Bisnis.com, hasil survei McKinsey dan World Bank memprediksi Indonesia masih membutuhkan 9 juta tenaga profesional digital hingga 2030 mendatang. Kondisi ini menciptakan peluang besar bagi masyarakat yang ingin memulai karier atau berpindah karier ke bidang pekerjaan yang membutuhkan keterampilan digital. 

Dari sekian banyak bidang pekerjaan digital, berikut adalah tiga yang diprediksi paling prospektif sepanjang 2023 hingga beberapa tahun mendatang! 

Data Analyst

Di tengah era big data yang dihasilkan oleh digitalisasi, peran data analyst sangat dibutuhkan dalam proses data-driven decision making. Tugas utama data analyst adalah mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data menggunakan berbagai digital tools sehingga dapat menjadi basis dalam pengambilan keputusan yang lebih akurat. 

Tidak hanya menguasai tools pengolahan dan analisis data terkini, seorang data analyst juga harus memiliki pemahaman dasar seputar proses bisnis agar dapat menghasilkan analisis yang aplikatif untuk pengembangan perusahaan, strategi pemasaran, hingga manajemen keuangan. 

Digital Marketing Specialist 

Memasarkan produk atau layanan perusahaan melalui platform digital merupakan tugas utama seorang digital marketing specialist. Ada beberapa kompetensi yang harus dikuasai, seperti social media marketingpaid advertisingcontent marketing, strategic planning, hingga SEO dan SEM. 

Selain penguasaan keterampilan teknis, pekerjaan sebagai digital marketing specialist membutuhkan kreativitas dan wawasan yang up-to-date dengan tren di media sosial. Pekerjaan ini sangat dibutuhkan perusahaan untuk memperluas brand awareness dan menstimulasi sales di platform digital. 

Mobile Developer 

Mobile developer adalah seorang profesional yang bertanggung jawab dalam hal perancangan, pengembangan, dan pengimplementasian mobile app  di sebuah perusahaan. Karier sebagai mobile developer semakin dibutuhkan seiring dengan perubahan perilaku konsumen yang lebih menyukai transaksi via mobile app

Beberapa kompetensi yang harus dikuasai seorang mobile developer meliputi back-end computing, bahasa pemrograman, prinsip-prinsip UI/UX, dan cybersecurity. Posisi ini membutuhkan teamwork skill yang tinggi karena akan bekerja sama dengan posisi lainnya, seperti project manager, UI/UX designer, UX writer, dsb. 

#SahabatPrimacom, itu dia 3 pekerjaan yang diprediksi paling menjanjikan di era digital! Di tengah gempuran transformasi digital seperti sekarang, sangat penting untuk memiliki koneksi yang andal dan terpercaya. 


Primacom mampu memfasilitasi berbagai kebutuhan konektivitas untuk mendukung digitalisasi perusahaan Anda. Hubungi Primacom di sini dan dapatkan penawaran menarik!

Similar Posts