10 Istilah Penting Seputar Internet Satelit

Internet telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat modern. Namun, masih banyak daerah di Indonesia yang belum terjangkau oleh koneksi internet yang memadai. Di daerah-daerah ini, internet satelit menjadi solusi yang dapat memberikan akses internet berkualitas.

Ilustrasi satelit pemancar internet sateliit

Image by vecstock on Freepik

Kelebiha Internet Satelit

Internet satelit adalah layanan internet yang menggunakan satelit sebagai media transmisi data. Sinyal internet dari satelit diterima oleh antena di bumi, kemudian ditransmisikan ke komputer atau perangkat lain. Ada pun internet satelit memiliki beberapa kelebihan, yakni sebagai berikut. 

Cakupan luas

Internet satelit dapat menjangkau daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh infrastruktur internet terestrial berbasis kabel, seperti daerah terpencil, pegunungan, pulau-pulau terluar, hingga di tengah laut. 

Kecepatan tinggi

Internet satelit dapat menawarkan kecepatan yang tinggi, bahkan hingga ratusan Mbps.

Reliabilitas andal

Internet satelit menawarkan service level agreement (SLA) yang andal, yakni hingga 99,5%.

Apabila #SahabatPrimacom ingin menggunakan layanan internet satelit untuk mendukung operasional bisnis, berikut adalah 10 istilah umum yang perlu #SahabatPrimacom ketahui seputar internet satelit!

1. Satelit komunikasi 

adalah alat yang mengorbit bumi untuk mengirimkan data dan sinyal komunikasi. Satelit komunikasi digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk komunikasi, navigasi, dan pengamatan bumi.

2. Antena satelit 

adalah alat yang digunakan untuk menerima dan mengirim sinyal satelit. Antena satelit biasanya berbentuk parabola.

3. Modem satelit 

adalah alat yang digunakan untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Modem satelit diperlukan untuk menghubungkan perangkat pengguna ke internet satelit.

4. Latency

adalah waktu yang dibutuhkan untuk mengirim data dari satu titik ke titik lainnya. Latency internet satelit umumnya lebih tinggi daripada latency internet terestrial.

5. Orbit geostasioner 

adalah lintasan satelit mengorbit bumi dengan periode orbit yang sama dengan periode rotasi bumi. Orbit geostasioner adalah orbit yang paling umum digunakan untuk internet satelit.

6. Orbit nongeostasioner 

adalah lintasan satelit mengorbit bumi dengan periode orbit yang berbeda dari periode rotasi bumi. Satelit di orbit ini menawarkan transfer data yang lebih cepat karena memiliki latency yang lebih rendah dibanding orbit geostasioner. 

7. Downlink 

adalah proses pengiriman data dari satelit ke pengguna.

8. Uplink 

adalah proses pengiriman data dari pengguna ke satelit.

9. Throughput 

adalah jumlah data yang dapat ditransfer dalam satu unit waktu.

10. Bandwidth 

adalah ukuran kapasitas jaringan untuk mentransfer data.

#SahabatPrimacom, itulah 10 istilah umum mengenai internet satelit. Seiring perkembangan teknologi internet satelit yang pesat, biaya berlangganan internet satelit kini menjadi semakin terjangkau. 

Salah satu layanan internet satelit dengan biaya yang lebih hemat adalah layanan Prima HTS dari Primacom. Perangkat Prima HTS minimalis, ukuran antenanya hanya 1,2 meter. Dengan proses instalasi yang praktis, layanan Prima HTS menjadi solusi yang tepat untuk menghadirkan konektivitas prima bagi operasional bisnis Anda! 

Klik di sini untuk konsultasi dengan tim Primacom dan dapatkan penawaran menarik! 

Similar Posts