Digital Clutter Mengintai, Ini Tips Mengatasinya


Dilansir dari Kompas.com, jumlah pengguna internet di dunia meningkat dengan sangat signifikan. Kini, populasi pengguna internet dunia sudah tembus 5 miliar. Untuk Indonesia sendiri, setidaknya rata-rata penggunaan internet mencapai 293 menit dalam sehari. 

Digital Clutter Illustration

Sumber ilustrasi : Freepik.com 

Dengan semakin intensifnya penggunaan internet, kondisi ini membuat data digital yang kita miliki semakin bertambah banyak. Bagi sebagian orang, data digital yang jumlahnya sangat banyak ini membuat mereka kesulitan untuk mengatur dan menatanya. Kondisi berlimpahnya jumlah data dan ketidakmampuan untuk menatanya dengan rapi dikenal pula dengan istilah digital clutter

Dampak digital clutter

Dikutip dari CHI Conference on Human Factors in Computing System, digital clutter merupakan kondisi penumpukan informasi digital secara tidak teratur dalam jumlah banyak. Fenomena ini juga dapat disebut sebagai ‘information overload’. 

Kondisi ini dapat menyebabkan beberapa masalah, antara lain memperlambat performa perangkat digital, meningkatkan risiko keamanan digital, serta dapat menurunkan produktivitas kerja.

#SahabatPrimacom, berikut ini adalah 3 cara efektif untuk mengantisipasi digital clutter!

Unsubscribe 

Email adalah salah satu kanal komunikasi yang penting di dalam perusahaan. Namun, sering kali kita menerima email berupa iklan ataupun informasi yang tidak relevan. Oleh karena itu, luangkanlah waktu untuk memfilter kembali kotak masuk dan lakukan unsubsribe apabila merasa sudah tidak memerlukan informasi dari email tersebut. 

Menghapus 

Pastikan untuk rutin menghapus aplikasi, dokumen, foto, dan file yang sudah tidak dibutuhkan. Ini akan membantu mengurangi beban penyimpanan dan membuat performa perangkat digital lebih optimal. Selain itu, menghapus aplikasi juga dapat meminimalisasi bertumpuknya notifikasi. 

Membuat Folder 

Sebuah survei yang dilakukan di AS menunjukkan bahwa 42% pekerja menyimpan file pekerjaan mereka di beberapa platform. Alhasil, mereka terkadang merasa kesulitan untuk  mencari dan menemukan file yang diinginkan. Biasakan mengelompokkan file ke dalam folder-folder yang sudah diberi nama berdasarkan tanggal, tingkat prioritas, ataupun penanda lainnya agar dapat mempermudah saat ingin mencarinya. 

#SahabatPrimacom, itulah cara-cara untuk mengurangi digital clutter. Dengan melakukan ini, harapannya file digital yang kita miliki dapat lebih tertata sehingga membantu optimalkan produktivitas kerja. 

Untuk mendukung penataan file agar lebih efisien secara kapasitas penyimpanan, #SahabatPrimacom dapat menggunakan teknologi kompresi data PrimaX yang disediakan Primacom. Menggunakan teknologi lossless compression, PrimaX dapat mengompres ukuran file multimedia hingga 99% tanpa mengurangi kualitas. Klik di sini untuk konsultasi dan penawaran menarik!

Similar Posts