www.primacom.com - 17/03/2023

 

Komputasi awan atau cloud computing adalah sistem pengelolaan data dengan memanfaatkan internet sebagai media utama untuk menyimpan dan mengakses data secara online. Dengan cloud computing, komputer satu dengan komputer lainnya dapat saling terhubung dan bertukar data satu sama lain.

 

Sumber ilustrasi: https://img.freepik.com/free-photo/cloud-system-tablet-background-smart-technology-remixed-media_53876-124705.jpgw=996&t=st=1675063539~exp=1675064139~hmac=acc936b4824944fb1f5990b1627191dddf8068b42c0aa4b0cbab869ab1eb6fbf

 

Selain itu, cloud computing memungkinkan pengguna membuka dan menggunakan berbagai aplikasi tanpa harus terlebih dahulu melakukan instalasi pada perangkat komputer masing-masing. Itu sebabnya, cloud computing menjadi solusi praktis bagi pelaku bisnis yang ingin mengimplementasikan transformasi digital pada perusahaan. 

 

Berdasarkan konsep dan fungsinya, cloud computing terbagi menjadi dua model, yakni private cloud dan public cloud. Supaya dapat memilih layanan cloud yang paling sesuai dengan kebutuhan, #SahabatPrimacom perlu memahami terlebih dahulu perbedaan kedua model cloud computing tersebut.

 

Yuk, simak informasi di bawah ini untuk mengetahui perbedaan private cloud dan public cloud

 

Private Cloud 

Ini merupakan layanan cloud yang diperuntukkan secara eksklusif bagi pengguna di satu perusahaan. Dengan layanan ini, perusahaan memiliki kendali penuh atas infrastruktur cloud yang mereka gunakan sehingga lebih mudah dalam hal mengelola dan melakukan maintenance

 

Private cloud sangat direkomendasikan bagi perusahaan yang membutuhkan konfidensialitas ekstra. Dari segi biaya, perusahaan perlu menganggarkan biaya yang lebih besar karena harus merawat dan mengontrol infrastruktur cloud secara mandiri.  

 

Public Cloud

Layanan cloud ini memungkinkan banyak pengguna berbagi ruang penyimpanan cloud yang sama, tetapi dengan virtual machine berbeda dan terpisah satu sama lain. Dengan demikian, meskipun memanfaatkan satu infrastruktur cloud, data yang dipertukarkan satu pengguna tidak bersinggungan dengan konfigurasi pengguna yang lain. 

 

Biaya penggunaan public cloud cenderung lebih hemat karena pengguna hanya membayar sesuai dengan kapasitas cloud yang dipakai. Selain itu, public cloud memungkinkan pengguna lebih fleksibel untuk memperbesar atau memperkecil kapasitas cloud sesuai kebutuhan.

 

Selain private cloud dan public cloud, saat ini #SahabatPrimacom juga dapat memanfaatkan layanan hybrid cloud yang menggabungkan keunggulan private cloud dan public cloud. Dengan hybrid cloud, pengguna dapat menikmati keunggulan kedua jenis cloud secara optimal.  


Primacom Cloud menyediakan layanan public cloud, private cloud, dan hybrid cloud untuk mendukung performa bisnis lintas sektor industri di era digital. Segera konsultasi di sini dan dapatkan penawaran menarik Primacom Cloud!