Ini 5 Keterampilan Digital yang Paling Dibutuhkan!

Teknologi digital saat ini semakin berkembang. Sejumlah perusahaan mulai bertransformasi dan menghadirkan berbagai layanan digital. Ditambah lagi, angka penetrasi internet selalu meningkat selama tiga tahun ke belakang.

Sumber gambar: https://img.freepik.com/free-vector/marketing-concept-illustration_114360-3903.jpg?w=996&t=st=1660273938~exp=1660274538~hmac=b56e64e8d487d879fc23589baad18b70b467da7ac62fc8be40c46057c2366c4c 

Di tengah kabar baik tersebut, riset menunjukkan bahwa Indonesia masih kekurangan talenta digital. Dilansir dari Katadata, idealnya Indonesia membutuhkan 600 ribu talenta digital per tahun supaya dapat memaksimalkan potensi ekonomi digital. Namun, saat ini Indonesia baru dapat menyaring 100 ribu hingga 200 ribu talenta digital. 

Dengan kondisi ini, tenaga profesional yang memiliki keterampilan digital menjadi sangat dibutuhkan. Dilansir dari Kompas.com, keterampilan digital merupakan kepiawaian seseorang dalam memahami, menggunakan, dan memanfaatkan teknologi digital untuk mengakses dan memproses informasi. Dengan menguasai keterampilan digital, seseorang dapat menapaki jenjang karier yang lebih luas pada masa mendatang. 

Dari sekian banyak keterampilan digital, berikut adalah 5 yang diprediksi paling dibutuhkan beberapa tahun mendatang! 

  1. Data Analytics 

Keterampilan ini meliputi bagaimana seseorang mengolah dan menganalisis data dari berbagai sumber untuk menghasilkan informasi yang berguna dalam proses pengambilan keputusan. Dengan memanfaatkan berbagai software, informasi yang disajikan diharapkan mampu membantu perusahaan dalam pengembangan bisnis. 

  1. Internet of Things

Disebut pula dengan IoT, keterampilan ini mencakup bagaimana seseorang mengembangkan sistem untuk diintegrasikan ke berbagai perangkat sehingga dapat dikendalikan dengan mudah. Salah satu contoh penerapan IoT adalah smart home. Teknologi berbasis IoT makin berkembang seiring dengan kemajuan internet.  

  1. Web Development 

Keterampilan ini berkaitan dengan aktivitas membangun, memelihara, dan mengembangkan suatu situs web. Orang yang menguasai keterampilan ini disebut web developer, yang kemudian terbagi lagi menjadi front-end developerback-end developerfull-stack developer, dan mobile developer. Perusahaan memerlukan individu dengan keterampilan ini untuk mengembangkan bisnis secara digital. 

  1. Search Engine Optimization 

Seiring dengan berkembangnya digital marketing, keterampilan ini sangat diincar perusahaan. Biasa disebut pula dengan SEO, orang yang menguasai keterampilan ini bertugas memastikan situs perusahaan memiliki performa yang baik pada search engine, seperti Google. Selain melakukan riset kata kunci, orang dengan keterampilan ini juga diharapkan mampu menulis konten yang SEO-friendly.  

  1. Project Management 

Berhubungan dengan pengembangan produk digital, orang yang memiliki keterampilan ini diharapkan mampu memimpin dan mengorganisasi suatu tim dalam mengerjakan suatu proyek. Selain menjaga agar proyeknya selesai tepat waktu, orang dengan keterampilan project management yang baik juga harus memastikan target yang diinginkan tercapai.  

#SahabatPrimacom sudah menguasai salah satu dari kelima keterampilan di atas? Jika belum, tertarik ingin menguasai yang mana?

Similar Posts