Unicorn vs Decacorn vs Hectocorn, Apa Bedanya?

Perusahaan rintisan atau yang lebih populer dikenal dengan startup banyak menarik perhatian masyarakat Indonesia. Dilansir dari situs Startup Ranking, jumlah startup di Indonesia per September 2023 menyentuh angka 2.508 perusahaan. Angka ini diprediksi akan terus bertumbuh seiring dengan perkembangan ekonomi digital di Indonesia. 

Sumber: 123rf.com

Tidak hanya dari segi kuantitas, startup di Indonesia pun terus bertumbuh dari segi nilai valuasinya. Yang terbaru, pada semester satu tahun ini, perusahaan eFishery berhasil memperoleh suntikan dana sebesar 108 juta dolar AS. Pendanaan tersebut membuat eFishery menjadi startup unicorn pertama di Indonesia pada awal tahun 2023. 

Selain unicorn, dunia startup juga mengenal istilah decacorn dan hectocorn. Ketiga kategori startup ini diklasifikasikan berdasarkan nilai valuasi perusahaannya. Semakin besar pendanaan yang diterima, semakin besar pula nilai valuasi sebuah perusahaan startup

Lantas, apa saja perbedaan startup unicorn, decacorn, dan hectocorn?  Ulasan di bawah ini membantu #SahabatPrimacom mengetahui perbedaan antara ketiga kategori startup tersebut. 

Unicorn

Startup unicorn adalah kategori perusahaan rintisan yang memiliki nilai valuasi lebih dari 1 miliar dolar AS atau setara lebih dari 15 triliun rupiah. Beberapa contoh startup Indonesia yang masuk kategori unicorn, antara lain Bukalapak, Traveloka, OVO, dan Kopi Kenangan. 

Decacorn

Sementara itu, perusahaan rintisan yang memiliki nilai valuasi di atas 10 miliar dolar AS (atau setara lebih dari 150 triliun rupiah) masuk dalam ketegori decacorn. Di Indonesia, terdapat dua startup decacorn, yakni GoTo dan J&T Express. 

Hectocorn

Level tertinggi perusahaan startup adalah hectocorn. Perusahaan ini memiliki nilai valuasi mencapai lebih dari 100 miliar dolar AS atau setara lebih dari 1.500 triliun rupiah. Biasanya, kategori hectocorn hanya dapat diraih oleh perusahaan skala dunia, seperti Google, Cisco, Microsoft, dan Oracle. 

Di tengah era big data seperti sekarang, perusahaan startup memerlukan layanan data center dan cloud untuk menunjang operasional bisnis. Primacom menyediakan layanan data center dan cloud yang aman dan terpercaya untuk membantu pelaku bisnis melaju di tengah tren digitalisasi. 

Klik di sini untuk penawaran menarik dan konsultasi dengan tim Primacom. 

Similar Posts