| |

Perkembangan Teknologi VSAT dari Waktu ke Waktu 

Derasnya arus informasi di kota besar yang kita rasakan seperti sekarang, tidak terlepas dari peranan jaringan fiber optik yang menjadi tulang punggung koneksi internet saat ini. Sementara jaringan fiber menopang konektivitas yang cepat dan stabil, koneksi internet pada daerah terpencil bergantung pada koneksi internet satelit atau yang kita kenal juga sebagai internet VSAT (Very Small Aperture Terminal). 

Nah, #SahabatPrimacom, bagaimana awal mula teknologi VSATmuncul dan berkembang pesat seperti sekarang? Di bawah ini adalah rangkuman informasi mengenai tren perkembangannya yang dapat menambah wawasan Sahabat Primacom! 

Mengenal Teknologi VSAT dan Cara Kerjanya

Teknologi VSAT (Very Small Aperture Terminal) adalah teknologi komunikasi yang menggunakan satelit sebagai media transmisi data. Biasanya, VSAT digunakan untuk menghubungkan lokasi terpencil yang belum terjamah jaringan internet atau dikenal juga sebagai blank spot.

Secara sederhana, VSAT bekerja dengan mengarahkan antena parabola kecil atau aperture terminal ke satelit yang berada di luar angkasa agar bisa saling berkirim data. Ketika mengirim data, antena VSAT mengonversi informasi digital yang dikirim menjadi sinyal radio lalu dikirimkan ke satelit luar angkasa yang berperan sebagai repeater. Dari satelit, data tersebut lalu diteruskan ke stasiun pusat atau hub station yang ada di darat, lalu diolah melalui server internet ataupun jaringan perusahaan. 

Dengan menggunakan teknologi VSAT, masyarakat atau pengusaha yang berada di daerah dengan tantangan geografis, seperti di pegunungan atau kepulauan, tidak perlu menunggu dibukanya jaringan fiber optik untuk mendapatkan koneksi internet yang cepat dan dapat diandalkan. Dengan implementasi dan skalabilitas yang mudah, VSAT dapat menjadi solusi internet yang tepat untuk mereka yang membutuhkan. 

Perjalanan Teknologi VSAT di Dunia

1950-an: Dimulainya Era Penjelajahan Antariksa

Sejarah awal dari teknologi VSAT tidak bisa dilepaskan dari era penjelajahan antariksa saat Uni Soviet meluncurkan Sputnik pada 1957. Momen ini menandakan awal dari persaingan dominasi antariksa antara Uni Soviet dan Amerika Serikat. Yang Kemudian membawa kemajuan pesat dalam perkembangan teknologi komunikasi satelit. 

1960-an:  Munculnya Telstar dan Intelsat

Pada 10 Juli 1962, National Aeronautics and Space Administration (NASA) bersama dengan American Telephone and Telegraph Company (AT&T), meluncurkan satelit pertama yang dapat melakukan transmisi sinyal, televisi, suara, dan data secara real time, yaitu Telstar. 

Beberapa bulan kemudian, satelit ini berhasil melakukan transmisi sinyal televisi dari Amerika Serikat ke Prancis. Walaupun begitu, umurnya di antariksa begitu singkat. Hal ini lantaran radiasi di lapisan atmosfer yang merusak komponennya sehingga ia hanya beroperasi hingga Februari 1963.

Keberhasilan akan Telstar, membuat munculnya lembaga global yang bernama International Telecommunications Satellite Organization (INTELSAT) pada 1964. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi internasional melalui penggunaan satelit. 

Tidak lama setelahnya, pada 1965, organisasi ini meluncurkan satelit pertamanya, yaitu Intelsat 1. Satelit ini dikenal juga dengan “Early Bird” yang mengudara selama 4 tahun hingga 1969. Pada situs resminya, satelit ini diklaim berperan besar dalam penyiaran televisi peristiwa bersejarah seperti pendaratan manusia pertama di bulan, yaitu Apollo 11. 

1980: Lahirnya Teknologi VSAT

Memasuki era ini, berbagai sektor komersial kini mulai tertarik untuk berinvestasi pada teknologi satelit. Para peneliti dari berbagai latar belakang saling berkolaborasi untuk menciptakan jaringan koneksi yang luas dan dapat diandalkan. 

Salah satu dari mereka adalah tim insinyur dari Hughes, yang  mengembangkan terminal satelit berukuran kecil yang kemudian dikenal sebagai VSAT (Very Small Aperture Terminal). Sebagai keterangan, sebelum VSAT dikembangkan, terminal satelit ukurannya relatif besar sehingga tidak praktis digunakan.

Teknologi ini yang kemudian menjadi terobosan dalam komunikasi satelit komersial kala itu. Klien besar pertama mereka adalah Walmart yang menggunakan teknologi satelit ini untuk menghubungkan gudang dan toko mereka secara efektif dan mengurangi biaya pengiriman. 

1990-an hingga 2000-an: Lahirnya Internet dan Teknologi ATM 

Pada akhir milenium, seiring dengan penurunan biaya, teknologi VSAT mulai dikenal di penjuru dunia, salah satunya Indonesia. Perkembangan VSAT di Indonesia banyak didorong oleh kebutuhan berbagai sektor usaha dalam negeri seperti migas, pertambangan, dan perbankan. Khusus perbankan, kala itu mereka baru memulai mengadopsi teknologi mesin ATM yang tentunya membutuhkan sistem komunikasi yang aman dan dapat diandalkan hingga daerah terpencil. 

Salah satu bank yang kala itu terkenal dengan mesin ATM-nya adalah BCA. Meski bukan menjadi bank yang pertama memperkenalkan teknologi tersebut, mesin ATM dari bank BCA dikenal andal karena ditopang oleh teknologi VSAT dan perangkat lainnya. 

Hari Ini dan Masa Depan: VSAT HTS dan Teknologi Konstelasi Satelit LEO

Pada perkembangannya, teknologi VSAT muncul dengan bandwidth yang lebih tinggi melalui teknologi High Throughput Satelit (HTS). Teknologi ini yang menawarkan transfer data yang lebih cepat dan optimalisasi penggunaan bandwidth.

Dengan demikian, biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan teknologi ini lebih kecil bila dibandingkan satelit VSAT biasa. Sampai saat ini, teknologi VSAT HTS masih menjadi andalan dalam komunikasi militer dan pemerintahan, koneksi pesawat terbang, hingga koneksi di daerah terpencil. 

Selain itu, baru-baru ini muncul teknologi VSAT terbaru yaitu Starlink dan Oneweb yang menawarkan layanan internet secara global melalui konstelasi satelit. Kedua teknologi ini sama-sama menggunakan ribuan satelit berukuran kecil yang mengorbit di Low Earth Orbit (LEO).  

Dengan adanya dua teknologi baru ini, teknologi VSAT nantinya diharapkan akan semakin berperan penting dalam mengurangi kesenjangan digital dan membuka peluang baru di daerah-daerah yang selama ini belum terjamah layanan internet. 

Primacom Interbuana, Solusi Komunikasi VSAT Anda

#SahabatPrimacom, itulah rangkuman tentang sejarah teknologi VSAT yang sudah dimulai sejak 1950-an hingga saat ini. Inovasi dalam teknologi VSAT hingga saat ini mencerminkan betapa besarnya tekad manusia untuk tidak tertinggal dan saling terhubung satu sama lain. Dan tentunya potensi dari teknologi ini masih begitu besar untuk masa yang akan datang. 

PT Primacom Interbuana (Primacom) merupakan perusahaan yang telah menjalankan layanan telekomunikasi VSAT sejak 1991. Bila Anda memiliki kebutuhan perangkat internet VSAT untuk industri banking, mining, oil & gas, plantation, hingga government, segera hubungi tim Primacom untuk berkonsultasi lebih lanjut atau klik logo Whatsapp di bawah ini!

Similar Posts