Perbedaan Mobile VSAT dan Fixed VSAT

Teknologi VSAT sangat cocok digunakan untuk membantu operasional bisnis yang beroperasi di daerah yang sulit dijangkau oleh teknologi komunikasi terestrial, seperti kabel dan menara pemancar. Dengan memiliki koneksi VSAT, kantor operasional dapat berkomunikasi dengan kantor pusat dengan lebih efisien sehingga mempermudah dalam hal proses pemantauan, pelaporan, dan pengambilan keputusan. 

Berdasarkan perangkatnya, VSAT terbagi menjadi dua jenis, yakni mobile VSAT dan fixed VSAT. Apa saja perbedaan keduanya? Yuk, simak penjelasan berikut ini! 

Mobile VSAT

Mobile VSAT adalah jenis VSAT yang dapat dipasang pada kendaraan bergerak, seperti mobil, truk, kapal, bahkan pesawat. Mobile VSAT menggunakan antena dengan auto pointing system yang dapat melacak posisi satelit secara otomatis.

Mobile VSAT sangat cocok digunakan untuk menunjang konektivitas bisnis yang beroperasi dengan mobilitas tinggi serta berada di lokasi yang sulit dijangkau, seperti pertambangan, minyak dan gas, perkebunan, logistik, maritim, dsb. Perangkat antena mobile VSAT biasanya lebih ringkas dan proses instalasinya lebih praktis. 

Fixed VSAT

Fixed VSAT adalah jenis VSAT yang diinstalasi pada lokasi yang tetap. Fixed VSAT menghadirkan kualitas sinyal yang lebih stabil walaupun tidak dapat digunakan untuk berpindah-pindah lokasi. Selain itu, umumnya biaya penggunaan fixed VSAT relatif lebih hemat. 

Primacom menyediakan layanan mobile VSAT seperti Kymeta Hawk u8 yang perangkatnya ringkas, ramping, dan mudah dipasang pada kendaraan. Untuk fixed VSAT, Primacom memiliki layanan Prima HTS, yang koneksinya dapat menjangkau seluruh penjuru Indonesia. 

Solusi konektivitas dari Primacom membantu pelaku industri mengoptimasi performa bisnis di era digital. Ingin konsultasi lebih lanjut dan mendapat penawaran menarik? Klik di sini!

Similar Posts