5 Tips Instalasi VSAT HTS

Dengan kondisi  geografis yang membentang luas, Indonesia dihadapkan pada masalah konektivitas internet yang masih belum merata, apalagi di daerah dengan tantangan geografis, seperti pegunungan dan kepulauan yang sulit terjangkau jaringan terestrial. Maka dari itu, koneksi internet satelit seperti VSAT HTS (Very Small Aperture Terminal High Throughput Satellite) dapat menjadi pilihan yang andal untuk menyediakan konektivitas di daerah tersebut. 

Tips Instalasi perangkat HTS 1
Perangkat VSAT HTS selesai dirakit. Sumber: Youtube Primacom

Meskipun memiliki potensi besar, tidak sedikit yang masih memiliki anggapan bahwa cara pemasangan perangkat VSAT HTS begitu rumit.  Maka dari itu, untuk #SahabatPrimacom yang masih ragu untuk menggunakan perangkat VSAT HTS, kami telah menyediakan informasi tentang komponen dan  tips untuk instalasi perangkat tersebut di bawah ini.

[Baca juga: Fungsi Internet VSAT]

Mengenal Komponen VSAT HTS 

Transceiver

Perangkat ini berfungsi sebagai pemancar dan penerima sinyal radio antara antena VSAT dan satelit. Biasanya, perangkat ini biasanya terintegrasi dalam antena atau ada juga yang terpisah.

Berbagai komponen perangkat VSAT HTS
Komponen dalam Prima HTS. Sumber: Youtube Primacom.
Satellite Dish 

Dikenal juga sebagai piringan satelit, adalah bagian dari antena VSAT yang mengarahkan sinyal satelit. Ukuran dari piringan ini bisa bervariasi tergantung pada model antena.

Frame dan Bracket 

Rangka atau bracket merupakan struktur penyangga yang digunakan untuk memasang antena VSAT di luar ruangan dan memastikan bahwa pemasangan antena tetap stabil dan aman. 

Modem dan Coaxial Cable

Perangkat ini merupakan penghubung yang mengubah sinyal dari satelit menjadi sinyal digital yang kemudian diteruskan ke router melalui kabel koaksial. Kabel ini dirancang khusus untuk mengirimkan data tanpa terpengaruh gangguan eksternal dari lingkungan sekitar. Sebaliknya, modem juga mengatur dan mengirimkan data dari router ke perangkat VSAT HTS lalu kemudian diteruskan ke satelit. 

Router

Perangkat ini menjadi penghubung antara perangkat modem VSAT HTS dengan perangkat pengguna seperti Laptop, komputer maupun ponsel, agar dapat terhubung dengan koneksi internet. Pada perangkat ini pengguna dapat mengkonfigurasi berbagai hal seperti manajemen lalu lintas data hingga keamanan jaringan.

[Baca juga: Perbedaan Mobile VSAT dan Fixed VSAT]

Tips Instalasi VSAT HTS

Mempersiapkan Peralatan dan APD yang Terstandar

Perlengkapan APD ketika memasang VSAT HTS Pemasangan APD berstandar. Sumber: Youtube Primacom

Sebelum memasang perangkat VSAT HTS, pastikan untuk selalu menggunakan APD yang sesuai, seperti helm keselamatan, sarung tangan dan sepatu bot keselamatan. Apalagi ketika melakukan pemasangan di ketinggian atau di area yang berpotensi berbahaya. APD dapat membantu melindungi diri dari cedera yang mungkin terjadi selama proses instalasi.

Memilih  Ruang Terbuka yang Ideal

Sebelum melakukan pemasangan, lakukan perencanaan yang baik dalam hal memilih ruang terbuka. Pilih lokasi yang tidak memiliki halangan seperti pohon ataupun gedung menuju posisi satelit di langit, lalu pastikan juga pijakan perangkat tersebut stabil dan mudah dijangkau.

Perhatikan Jarak antara Modem dan Antena

Jangan lupa juga untuk memperhatikan jarak antara modem dan antena, sebisa mungkin tidak lebih dari 30 meter. Hal ini untuk menghindari kehilangan sinyal dan meningkatnya angka latensi. Lantaran semakin jauh jarak antara keduanya semakin lama waktu perjalanan yang dibutuhkan.

Pengaturan Antena yang Tepat

Pengaturan antena VSAT HTSPengaturan Azimuth Antena VSAT. Sumber: Youtube Primacom.

Ketika melakukan instalasi perangkat VSAT HTS, jangan lupa mengatur sudut dan azimuth yang tepat sesuai dengan koordinat satelit yang dituju. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan sinyal yang kecepatan koneksi internet yang optimal. Gunakan berbagai aplikasi dan situs website yang tersedia atau hubungi teknisi terkait untuk mendapatkan informasi tersebut.

Jangan Lupakan Grounding

Terakhir, jangan lupa untuk menyediakan instalasi grounding yang baik untuk melindungi perangkat dari kerusakan oleh lonjakan listrik secara tiba-tiba ataupun sambaran petir. Grounding yang terhubung dengan baik akan mengalirkan alur berlebih ke tanah dengan aman. Selain itu, grounding yang baik juga dapat mengurangi gangguan elektromagnetik dari lingkungan sekitar. 

Prima HTS, Layanan Ka-Band dengan Harga Terjangkau

Pemasangan perangkat VSAT HTS dapat memberikan manfaat yang signifikan terutama di daerah yang memiliki tantangan geografis seperti pegunungan dan kepulauan. Mulai dari meningkatkan konektivitas di daerah terpencil hingga mendukung layanan di daerah blank spot yang tidak terjangkau internet terestrial. Dengan mengetahui komponen serta tips terbaik instalasi VSAT HTS, diharapkan perangkat ini dapat beroperasi secara maksimal tanpa gangguan. 

Bila sedang mencari layanan internet VSAT HTS yang terpercaya, Prima HTS dapat menjadi jawabannya. Perangkat ini adalah layanan Ka-Band komersial pertama di Indonesia yang menghadirkan internet berkecepatan tinggi dengan harga yang lebih terjangkau dan dapat diakses dari lokasi mana pun di seluruh penjuru Indonesia. 

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs Prima HTS atau hubungi tim kami dengan klik tombol Whatsapp di bawah ini!

Similar Posts