|

Bisnis Beroperasi di Daerah Blank Spot? Ini Solusinya! 

Daerah terpencil mungkin tidak selalu menjadi pilihan utama untuk mengoperasikan bisnis. Selain sulitnya akses geografis, daerah terpencil biasanya memiliki keterbatasan akses terhadap jaringan telekomunikasi. Namun, beberapa sektor bisnis mau tidak mau harus beroperasi di daerah terpencil, seperti sektor perkebunan, pertambangan, migas, BUMDes, dan sebagainya. Itu sebabnya, salah satu tantangan yang dihadapi oleh sektor bisnis ini adalah blank spot

Blank spot adalah wilayah yang tidak terjangkau oleh jaringan telekomunikasi. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kondisi geografis yang ekstrem, ketidakstabilan cuaca, nihilnya infrastruktur telekomunikasi di sekitar, dan sebagainya. Dalam konteks operasional bisnis, blank spot menimbulkan beberapa kendala yang dapat dirasakan oleh karyawan, manajemen, hingga pemilik bisnis. 

Beberapa kendala yang muncul akibat blank spot, antara lain kesulitan komunikasi antara kantor pusat dan kantor operasional, terhambatnya implementasi digitalisasi, produktivitas tidak maksimal, hingga membuat bisnis berjalan tidak efektif dan efisien. Kendati demikian, hal ini bukan berarti permasalahan blank spot tidak dapat diatasi. 

Apabila kawasan operasional perusahaan #SahabatPrimacom masuk dalam wilayah blank spot, berikut adalah beberapa solusi yang dapat dipertimbangkan! 

Memperluas Jangkauan Fiber Optik

Fiber optik adalah tulang punggung dalam menyediakan konektivitas yang cepat dan andal. Memperluas jangkauan fiber optik ke wilayah blank spot dapat menjadi salah satu alternatif solusi. Namun, #SahabatPrimacom perlu memerhatikan kontur tanah di kawasan yang akan dilalui fiber optik. Seringkali solusi ini terkendala dengan kondisi geografis yang tidak mumpuni. 

Membangun Menara Base Transceiver Station (BTS) 

Fungsi utama dari BTS adalah untuk mengelola transmisi dan penerimaan sinyal radio guna melayani konektivitas seluler di kawasan sekitar. Hanya saja, pembangunan menara BTS biasanya membutuhkan biaya investasi yang besar serta memerlukan kondisi permukaan tanah yang lapang dan datar. 

Menggunakan Layanan VSAT

Ini merupakan alternatif ideal apabila #SahabatPrimacom ingin mengatasi blank spot di kawasan operasional. Teknologi ini dapat menerima dan mengirim sinyal dari satelit di luar angkasa serta mentransmisikannya melalui modem atau router agar dapat dipakai oleh pengguna. Proses instalasi perangkat VSAT cenderung lebih praktis apabila dibandingkan dengan pembangunan menara BTS dan penarikan fiber optik, khususnya pada lokasi dengan kondisi geografis ekstrem. 

Primacom dapat membangun infrastruktur komunikasi menggunakan berbagai teknologi untuk membantu perusahaan #SahabatPrimacom beroperasi dengan optimal walaupun berada di wilayah blank spot. Salah satu teknologi terkini yang dapat digunakan adalah Prima HTS. Ini merupakan generasi komunikasi satelit terbaru dengan perangkat yang lebih minimalis, instalasi praktis, dan menjangkau seluruh penjuru Indonesia termasuk kawasan 3T. Segera konsultasi di sini dan dapatkan penawaran menarik! 

Similar Posts