3 Fakta Unik tentang Perayaan Imlek

Fakta unik imlek

Tahun Baru Imlek adalah perayaan penting bagi masyarakat keturunan Tionghoa di seluruh dunia, tidak terkecuali masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia. Secara historis, Imlek merupakan perayaan rasa syukur atas datangnya musim panen di Tiongkok. Tidak heran jika Imlek selalu identik dengan kegembiraan dan harapan akan datangnya keberlimpahan rezeki. 

Imlek tidak memiliki tanggal tetap tiap tahunnya karena ditentukan berdasarkan kalender Lunar. Kalender ini terdiri atas 12 bulan, masing-masing dengan 29 atau 30 hari. Oleh karena itu, jika disandingkan dengan kalender Masehi yang digunakan secara umum, tanggal Imlek bisa berbeda setiap tahunnya.

Perayaan Imlek selalu identik dengan angpao, barongsai, manisan, dan hiasan warna merah. Namun, di luar itu semua, ada beberapa fakta unik tentang Imlek yang belum banyak diketahui secara umum. Lantas, apa saja fakta unik tersebut? 

#SahabatPrimacom, yuk, simak 3 fakta unik seputar Imlek berikut ini! 

1. Dirayakan selama 15 hari

Perayaan Imlek tidak hanya berlangsung satu hari, tetapi selama dua minggu. Hari Imlek dimulai sejak hari pertama bulan pertama kalender Lunar dan berakhir hingga hari kelima belas atau yang biasa dikenal dengan Cap Go Meh. Selama periode ini, masyarakat Tionghoa mengisi Imlek dengan beribadah, saling mengunjungi rumah saudara, memberikan angpao, makan bersama, menyaksikan pertunjukan, dan sebagainya. 

2. Ikon shio berbeda

Berdasarkan penanggalan Lunar, setiap tahun memiliki ikon shio yang berbeda. Shio adalah simbol-simbol hewan dalam sistem astrologi Tiongkok. Dalam satu putaran shio, terdapat 12 simbol hewan, yakni tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, dan babi. 

3. Gong Xi Fa Cai bukan berarti Selamat Tahun Baru Imlek

Salah satu ucapan yang identik dengan Imlek adalah “Gong Xi Fa Cai”. Banyak yang menyangka bahwa ucapan ini berarti “Selamat Tahun Baru Imlek”. Namun, arti sesungguhnya dari ucapan ini adalah “Selamat Tambah Makmur” atau “Selamat Menjadi Kaya”. Itu sebabnya, “Gong Xi Fa Cai” juga dimaknai sebagai doa dan harapan. 

#SahabatPrimacom, itu dia 3 fakta unik tentang perayaan Imlek. Bagi #SahabatPrimacom yang merayakan, keluarga besar PT Primacom Interbuana mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek! Gong Xi Fa Cai! 

Similar Posts