Perbedaan Digitisasi, Digitalisasi, dan Transformasi Digital

Man using digital tablet psd mockup smart technology

Pernah mendengar istilah digitisasi, digitalisasi, dan transformasi digital? Ketiga istilah ini memang sepintas terdengar mirip. Tak heran, sebagian orang masih menganggap ketiga hal ini sama persis. 

Namun, jika mencermati lebih lanjut, istilah digitisasi, digitalisasi, dan transformasi digital sebenarnya merujuk pada konsep yang berbeda. Dalam konteks bisnis, implementasi dari ketiganya pun tak sama. 

Lantas, apa saja yang membedakan digitisasi, digitalisasi, dan transformasi digital? #SahabatPrimacom, yuk simak penjelasan yang lebih detail berikut ini! 

Digitisasi

Digitisasi adalah proses pengalihan informasi dari analog/cetak menjadi digital. Sebagai contoh, data perusahaan yang semula kita simpan secara manual di dalam map kini dapat disimpan dan diakses secara digital melalui komputer. Contoh lain, laporan hasil kerja yang dulu masih harus dicetak di kertas kini sudah dapat diakses dalam bentuk soft file. 

Digitalisasi 

Digitalisasi merupakan proses lanjutan dari digitisasi. Jika digitisasi hanya berfokus pada konversi data ke bentuk digital, digitalisasi menekankan pada tindak lanjut atau pemanfaatan informasi digital. Oleh karena itu, digitalisasi berhubungan erat dengan pengembangan bisnis dengan menggunakan basis data digital. 

Transformasi Digital 

Istilah ini merujuk pada proses perubahan rutinitas, alur kerja, serta model bisnis secara signifikan seiring dengan perkembangan teknologi. Transformasi digital dapat terwujud setelah perusahaan melakukan digitisasi dan digitalisasi secara menyeluruh. 

Efisiensi proses bisnis, baik pada level internal maupun eksternal perusahaan, merupakan orientasi dari transformasi digital. Sebagai contoh, perusahaan yang telah menerapkan transformasi digital memungkinkan karyawannya untuk mengakses pekerjaan dari jarak jauh menggunakan layanan cloud, melakukan meeting virtual, memberikan approval menggunakan sistem terintegrasi, serta meluncurkan produk/layanan baru berbasis aplikasi digital. 

[Baca juga Ini 5 Keterampilan Digital yang Paling Dibutuhkan!]

Bagaimana, #SahabatPrimacom? Sudah lebih paham tentang perbedaan digitisasi, digitalisasi, dan transformasi digital, kan? 

Untuk mendukung perusahaan mewujudkan transformasi digital, Primacom menyediakan berbagai layanan terintegrasi, mulai dari konektivitas satelit, konektivitas terestrial, konektivitas untuk mobilitas, data center, cloud service, multimedia file compression, smart surveillance, dan solusi lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

Yuk, konsultasi dengan tim Primacom dan dapatkan penawaran menarik! 

 

Similar Posts