5 Tradisi Khas Menyambut Imlek

Imlek merupakan perayaan rasa syukur masyarakat Tionghoa untuk menyambut datangnya musim semi. Sama seperti hari besar lainnya, Imlek selalu dinanti-nantikan setiap tahunnya. Imlek dijadikan momentum untuk pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga besar oleh masyarakat yang merayakannya.

Sumber ilustrasi: https://img.freepik.com/premium-photo/excited-smiling-preteen-boy-hugging-grandmother-when-his-family-visiting-granparents-tet-celebra_274689-30573.jpg?w=996

Di Indonesia, perayaan Imlek tidak jauh berbeda. Meski sudah dilakukan sejak ribuan tahun silam oleh masyarakat Tionghoa, beberapa tradisi khas menyambut Imlek masih terlestarikan hingga sekarang. Supaya lebih paham, yuk simak informasi di bawah ini mengenai 5 tradisi Imlek yang masih dipraktikkan sebagian besar masyarakat Tionghoa di Indonesia! 

  1. Bersih-Bersih dan Hias Rumah 

Membersihkan rumah sebelum Imlek dipercaya dapat membersihkan nasib buruk yang menghalangi datangnya rezeki. Selain itu, ornamen dan hiasan berwarna serba merah juga banyak dipasang, mulai dari depan pintu hingga di dalam rumah. Bagi masyarakat Tionghoa, warna merah menyimbolkan keberuntungan dan kebahagiaan. 

  1. Kumpul Keluarga

Sudah menjadi tradisi turun-temurun bagi masyarakat Tionghoa untuk kumpul keluarga setiap Imlek tiba. Imlek dimanfaatkan oleh anggota keluarga yang merantau untuk pulang ke kampung halaman. Yang tak boleh terlewatkan adalah momen makan bersama keluarga pada malam Imlek. 

  1. Bagi-Bagi Angpao 

Ini adalah tradisi yang paling ikonik dan selalu dinanti-nantikan. Orang dewasa yang sudah berkeluarga akan membagikan angpao kepada anak kecil dan anggota keluarga yang belum menikah. Ini sebagai simbol berbagi keberkahan dan ungkapan syukur atas rezeki yang telah diterima selama satu tahun ke belakang.

  1. Menyediakan Makanan yang Manis-Manis

Tak afdal jika saat Imlek tidak mengonsumsi makanan yang manis-manis. Bagi masyarakat Tionghoa, menyediakan makanan yang manis-manis, seperti permen, buah-buahan, serta aneka kue, memiliki makna agar tahun depan seisi rumah diliputi dengan hal yang “manis-manis”. 

  1. Pertunjukan Barongsai 

Menurut legenda, barongsai adalah hewan mitologi yang mampu mengusir roh-roh jahat. Itu sebabnya, selain sebagai pertunjukan seni, atraksi barongsai masih tetap dilestarikan hingga sekarang untuk mengusir nasib buruk di tahun mendatang.

Itulah 5 tradisi Imlek yang sudah ada sejak zaman dulu, tetapi masih tetap eksis hingga kini. Bagi #SahabatPrimacom yang merayakan, keluarga besar PT Primacom Interbuana mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek! Semoga selalu berlimpah kemakmuran, kesehatan, dan kebahagiaan! Gong Xi Fa Cai!

Similar Posts