Pada era digital, data merupakan aset yang sangat bernilai bagi perusahaan. Oleh karena itu, data milik perusahaan harus dikelola secara profesional. Namun, tidak semua perusahaan memiliki infrastruktur pengelolaan data yang memadai. Untuk mengatasi keterbatasan tersebut, perusahaan dapat memanfaatkan layanan data center yang telah tersertifikasi.

 

 

 


Ilustrasi Ruang Data Center

 

 

 

Prinsipnya, data center merupakan infrastruktur untuk menempatkan sistem komputer milik perusahaan. Di dalamnya, terdapat server-server yang ditata rapi pada rak-rak khusus, lengkap dengan sistem pendingin, sistem keamanan, dan sistem power supply.  Melalui data center, perusahaan dapat menyimpan, mengatur, memproses, dan mengirim data berskala besar untuk menunjang performa bisnis.

 

Data center dibutuhkan oleh setiap perusahaan, baik berskala kecil maupun besar, yang sudah mengelola banyak data digital. Dengan demikian, perusahaan dapat mengoptimalkan pengelolaan dan pemanfaatan data dengan lebih profesional. Selain itu, data center juga dapat membuat data perusahaan lebih aman dan terjamin.

 

Lebih lanjut, data center dapat berfungsi sebagai Data Recovery Center (DRC), yang secara khusus digunakan untuk menempatkan sistem, aplikasi, hingga data cadangan agar perusahaan memperoleh perlindungan ekstra jika sewaktu-waktu terjadi gangguan di pusat penyimpanan utama.

 

Lalu, bagaimana memilih layanan data center yang cocok bagi perusahaan Anda?

 

Ada empat aspek yang dapat Anda perhatikan sebelum memilih layanan data center. Pertama, sertifikasi yang dimiliki data center, baik yang menyangkut fasilitas, manajemen mutu, maupun keamanan informasi. Kedua, sistem power supply. Ketiga, mekanisme gawat darurat. Terakhir, yang tidak kalah penting, yakni menyangkut layanan tim teknis yang andal melalui help desk 24 jam nonstop.

 

 

Baca Juga Seperti Apa Data Center yang Ideal? Simak 4 Tips Berikut!

 

 

Selain itu, Anda juga dapat memilih layanan data center yang terintegrasi dengan layanan teleport untuk mendapatkan lebih banyak keunggulan, seperti yang disediakan oleh Primacom Data Center. Dengan layanan terintegrasi ini, Anda dapat menikmati efisiensi biaya dan koneksi yang lebih berkualitas.

 

Bagaimana layanan Primacom Data Center membantu bisnis Anda? Tim kami sangat senang menjelaskannya kepada Anda. Klik di sini!