NDCC Summit 2023 Adakan Tur ke Primacom Data Center, Pusat Data Komersial Pertama di Indonesia yang Terakreditasi Rated-3 ANSI/TIA-942

Wakil Direktur Utama PT Primacom Interbuana menyampaikan kata sambutan dalam acara 
Tur Primacom Data Center pada Kamis (10/8).

Tur ke Primacom Data Center merupakan bagian dari ajang Nusantara Data Center and Cloud Summit (NDCC) 2023 yang diadakan pada Kamis (10/8) di Gedung Prima Sejahtera, Alam Sutera, Tangerang. Digelar secara eksklusif bagi 30 eksekutif bisnis yang memiliki kebutuhan akan layanan pusat data, peserta diajak berkunjung dan merasakan langsung bagaimana fasilitas dan keunggulan Primacom Data Center mampu menjawab kebutuhan mereka. 

Primacom Data Center merupakan pusat data komersial pertama (the first commercial data center) di Indonesia yang terakreditasi Rated-3 oleh ANSI/TIA-942 for Design and Facilities. Data center dengan akreditasi Rated-3 dapat beroperasi dan dirawat secara bersamaan. Artinya, setiap komponen dapat dipindahkan, diganti, atau diperbaiki tanpa mengganggu kualitas layanan data center kepada pelanggan. 

Akreditasi Rated-3 diberikan kepada data center yang memiliki komponen kapasitas berulang dan jalur distribusi ganda serta dilengkapi dengan perlindungan terhadap sebagian besar musibah fisik. Selain itu, data center Rated-3 harus mampu menjamin service-level agreement (SLA) hingga 99,982 persen. 

“Primacom Data Center dapat digunakan sebagai infrastruktur utama untuk menyimpan data-data perusahaan serta sekaligus dapat menjadi disaster recovery center (DRC) yang fungsinya sebagai pusat data cadangan apabila sewaktu-waktu terjadi musibah pada pusat data utama,” jelas Direktur Marketing Primacom Domy K. Santoso. 

Sementara itu, Founder Nusantara Data Center Academy, Erick Hadi, yang menjadi ketua penyelenggara NDCC Summit 2023, menyampaikan bahwa data center perlu memiliki kemampuan untuk memenuhi lonjakan permintaan kebutuhan gaya hidup digital, bangunan dan industri cerdas yang dapat dikendalikan dari jarak jauh berbasis komputasi awan.

Founder Nusantara Data Center Academy Erick Hadi memberikan kata sambutan.

“Lonjakan permintaan tersebut mendorong terciptanya talenta-talenta baru yang memiliki pengetahuan serta kompetensi kerja khusus untuk memenuhi kebutuhan industri digital ini. Acara tur ke Primacom Data Center ini menjadi medium edukasi dan juga promosi bagi ekosistem SDM digital mengenai pentingnya peran fasilitas data center yang tertata baik dalam meningkatkan daya saing Indonesia di kancah industri digital dunia,” ujar Erick Hadi. 

Dalam sesi pemaparan materi, Data Center Manager Eko Wiria Atmadja menjelaskan bahwa Primacom Data Center telah memperoleh sertifikasi ISO 27001 tentang Information Security Management, sertifikasi PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standard), serta sejumlah sertifikasi lainnya yang menyangkut manajemen mutu layanan dan keselamatan kerja. 

Selain itu, sejumlah sertifikasi bagi tim operasional data center juga telah diraih, seperti Certified Data Center Professional (CDCP), Certified Data Center Specialist (CDCS), dan Certified Data Center Facilities Operations Manager (CDCFOM).  

Yang tidak kalah penting, Primacom Data Center memiliki layanan yang terintegrasi dengan Primacom Teleport (terakreditasi WTA Tier 4) sehingga mampu memberikan keunggulan dan kenyaman ekstra bagi pelanggan.   

Setelah mendapatkan penjelasan mengenai fasilitas, akreditasi, dan manfaat yang dapat diperoleh, peserta secara bergantian diajak berkeliling lokasi Primacom Data Center yang dilindungi berlapis-lapis layer pengamanan berbasis multi-factor authentication

Untuk melihat fasilitas dan kenyamanan Primacom Data Center secara virtual, 

klik di sini!

Similar Posts