|

5 Keuntungan Menggunakan IT Managed Services

Dalam operasional bisnis sebuah perusahaan, memiliki infrastruktur IT yang andal dapat menjadi persoalan yang kompleks. Pasalnya, membangun infrastruktur IT memerlukan banyak sumber daya, baik secara anggaran maupun manpower . Namun, secara perlahan kompleksitas tersebut mulai terkikis seiring dengan hadirnya berbagai terobosan teknologi yang banyak memberi kemudahan dalam pengelolaan perangkat lewat pihak ketiga, atau yang dikenal juga dengan istilah IT Managed Services

Apa yang #SahabatPrimacom ketahui tentang layanan ini? Apa saja keuntungannya? Mari simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Pengertian IT Managed Services

IT managed service adalah layanan pengelolaan operasional IT secara profesional melalui pihak ketiga atau yang dikenal sebagai managed service provider (MSP). Dengan menggunakan layanan ini, perusahaan memberikan sebagian atau seluruh tugas-tugas umum mengenai pengelolaan infrastruktur IT kepada penyedia layanan sehingga perusahaan dapat fokus pada pengembangan bisnis. 

Managed services menjadi sebuah solusi ketika perusahaan memiliki kebutuhan mendesak akan infrastruktur atau manajemen perangkat IT, tetapi memiliki keterbatasan dalam hal sumber daya manusia dan infrastruktur fisik. Dengan menggunakan layanan ini, operasional bisnis dapat terus melaju tanpa perlu memusingkan pengelolaan infrastruktur IT oleh tim internal perusahaan. 

5 Keuntungan Menggunakan Layanan Managed Services

  1. Keamanan Lebih Terjamin 

Dengan maraknya kebocoran data dan serangan siber di era digital, penggunaan layanan IT managed services dapat  menjadi salah satu solusi efektif. Dikutip dari Elitery,  penyedia layanan umumnya dilengkapi dengan SOP berstandar internasional dengan menaruh perhatian ekstra pada keamanan data. Selain itu, tidak sedikit pula penyedia IT managed service yang terintegrasi dengan disaster recovery center sehingga ketika sewaktu-waktu terjadi bencana alam seperti banjir ataupun kebakaran, data perusahaan  akan tetap aman. 

  1. Mengatasi Skill Gap yang ada pada SDM

Kemajuan teknologi yang pesat terkadang membuat perusahaan kesulitan beradaptasi dengan teknologi terbaru berkaitan dengan SDM internal yang tersedia. Belum lagi biaya yang nantinya muncul untuk kebutuhan melakukan pelatihan hingga merekrut karyawan baru dengan skill tertentu. Di era kolaborasi seperti saat ini, IT managed services merupakan solusi tepat untuk mengatasi skill gap yang ada serta melakukan transfer pengetahuan yang diperlukan.

  1. Respons yang Cepat dan Dukungan 24/7

Era koneksi internet membuat transaksi bisnis dapat berlangsung kapan saja dan di mana saja. Sehingga, dibutuhkan respons yang cepat serta dukungan 24/7 dari tim IT. Berbagai isu dan kendala yang muncul harus langsung ditindaklanjuti agar tidak menyebabkan downtime yang panjang atau bahkan menimbulkan kerugian besar. Di sinilah peranan penting dari layanan pihak ketiga agar dapat mencegah hal-hal tersebut. 

  1. Menghemat Biaya Operasional 

Membangun tim IT secara in-house tentunya akan menguras biaya yang cukup besar. Hal ini dapat diantisipasi dengan menyewa jasa pihak ketiga yang biasanya menerapkan tarif langganan bulanan. Dengan mengandalkan layanan ini, dana yang tersedia dapat digunakan untuk kebutuhan operasional lainnya. 

  1. Kemudahan Skalabilitas

Keuntungan berikutnya dari penggunaan IT managed service adalah kemudahan skalabilitas. Lingkup dan skala dari layanan tersebut dapat diubah sesuai dengan pertumbuhan bisnis dan teknologi yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Dengan begitu perusahaan tidak perlu lagi menunggu proses pengadaan infrastruktur atau perekrutan SDM baru ketika ingin meningkatkan skalabilitas infrastrukturnya. 

Primacom Solusi IT Managed Service Perusahaan Anda

#SahabatPrimacom, di tengah kompleksnya teknologi untuk mendukung pertumbuhan bisnis, layanan IT managed services dari Primacom hadir sebagai solusi bagi perusahaan dalam menghadapi tantangan di era digital. Selain itu, faktor keamanan dan respons 24/7 juga menjadi alasan yang tepat bagi perusahaan untuk menggunakan layanan Primacom. 

Apabila perusahaan #SahabatPrimacom membutuhkan layanan IT managed service, baik layanan komunikasi maupun penyimpanan data, Primacom memiliki berbagai pilihan yang dapat menyesuaikan kebutuhan. Segera hubungi tim Primacom untuk berkonsultasi lebih lanjut atau klik tombol kontak kami yang telah tersedia.

Similar Posts