5 Skill Penting dalam Digital Leadership

Digitalisasi memicu banyak perubahan dalam dunia industri. Kini, pelaku bisnis dituntut untuk mampu beradaptasi di tengah transformasi digital yang berlangsung. Pelaku bisnis harus mau membuka diri untuk mempelajari tren teknologi yang sangat dinamis dan terus berkembang seiring waktu. 

Data driven mindset concept. Collecting big data, analytics and making decisions based on data analysis instead of emotion and intuition. Challenge and implement the data driven culture in company.

Dalam kondisi seperti ini, digital leadership atau kepemimpinan di era digital menjadi sebuah keterampilan yang sangat dibutuhkan. Dilansir dari Kompas.comdigital leadership merupakan bentuk kepemimpinan yang menaruh perhatian besar pada pemanfaatan teknologi digital untuk mengaktualisasikan tujuan perusahaan. 

Kemampuan ini menuntut seorang pemimpin agar tidak hanya berfokus pada cara-cara konvensional dalam menjalankan perusahaan, tetapi juga harus mengedepankan strategi pengembangan perusahaan secara digital. 

Mengutip Edureka, ada 5 keterampilan penting yang harus dimiliki seorang pemimpin jika ingin mengembangkan digital leadership. #SahabatPrimacom, yuk simak lebih lanjut 5 keterampilan penting ini! 

Better Communication

Memiliki keterampilan komunikasi yang efektif merupakan fondasi terwujudnya atmosfer kerja yang kolaboratif. Di tengah melimpahnya informasi di era digital, pemimpin harus terampil menyampaikan pesan yang jelas, lugas, dan empatik supaya dapat mendorong efektivitas kinerja tim kerjanya. 

Digital Learning 

Pemimpin harus mau belajar menggunakan media digital dan memanfaatkan berbagai sumber daya digital untuk menangkap peluang baru, menstimulasi inovasi, memperluas relasi global, serta memberdayakan tim kerja guna meningkatkan value perusahaan. 

Open to Innovation

Kunci bersaing di era digital adalah melalui inovasi. Pemimpin di era digital harus mampu memfasilitasi dan merangkul ide-ide baru agar dapat melahirkan inovasi yang berkelanjutan di tengah era persaingan yang dinamis. 

Strategical Thinking 

Salah satu keterampilan penting di era digital adalah berpikir strategis. Pebisnis harus memiliki strategi digital yang terencana dan terukur untuk mencapai tujuan perusahaan. Hal ini penting karena teknologi digital makin terintegrasi dalam dunia bisnis. 

Better Adaptability 

Transformasi digital dapat mendisrupsi operasional bisnis jika para pemimpin menutup diri terhadap perkembangan zaman dan tren teknologi. Semakin mudah beradaptasi, semakin mudah pula untuk memimpin transformasi digital di dalam perusahaan. 

#SahabatPrimacom, itulah 5 keterampilan yang harus diperhatikan untuk menjadi seorang pemimpin di era digital. 


Untuk mendukung digitalisasi di perusahaan, Primacom menyediakan berbagai solusi terintegrasi, mulai dari konektivitas satelit, konektivitas terestrial, data center, cloud, multimedia data compressionfleet management, dan layanan lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Klik di sini untuk konsultasi dan penawaran menarik!

Similar Posts