3 Tip Ini Buat Jalan Kaki Jadi Lebih Seru!

Jangan sepelekan rutinitas berjalan kaki. Meski tampak sederhana, berjalan kaki punya banyak khasiatnya. Bahkan, mantan direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), Dr. Thomas Frieden mengumpamakan rutinitas ini sebagai “obat mujarab” bagi tubuh.

Ilustrasi Jalan Kaki
Sumber: Freepik.com

Dilansir dari Harvard, ada beberapa manfaat berjalan kaki, mulai dari mencegah obesitas dan diabetes, mengurangi risiko terserang kanker payudara, hingga meningkatkan imunitas tubuh. Tidak hanya itu, berjalan kaki juga disebut-sebut dapat meminimalisasi depresi dan mempertahankan kualitas memori otak.

Di balik sejumlah manfaat tersebut, berjalan kaki sangat praktis dilakukan karena tidak memerlukan peralatan khusus. Selain itu, olahraga ini tergolong ringan dan dapat dilakukan oleh siapa saja sesuai kebutuhan. Dikutip dari Insider, The American College of Sport Medicine memberikan tiga rekomendasi intensitas berjalan kaki yang dapat dijadikan pedoman oleh masyarakat.

Pertama, bagi masyarakat yang ingin menghindari kenaikan berat badan, durasi yang dianjurkan untuk berjalan kaki adalah 30 menit sampai 50 menit dengan frekuensi lima kali seminggu.

Kedua, bagi masyarakat yang ingin menurunkan berat badan secara signifikan, durasi 45 sampai 84 menit dengan frekuensi lima kali seminggu adalah durasi yang ideal.

Ketiga, bagi yang ingin menjaga berat badan usai berat badannya turun, mereka dapat berjalan kaki 40 sampai 60 menit, lima kali seminggu.

Akan tetapi, rasa bosan saat berjalan kaki seringkali dikeluhkan masyarakat. Pasalnya, tidak seperti aktivitas bersepeda yang memerlukan kelincahan, keseimbangan, dan manuver yang dinamis, berjalan kaki cenderung lebih monoton.

Bagaimana cara menjadikan aktivitas berjalan kaki menjadi lebih seru? Coba simak 3 tip berikut!

 
1. Jalan Bersama Keluarga/Teman

Tidak dapat dimungkiri, jalan kaki sendirian memang akan terasa membosankan. Oleh karena itu, #SahabatPrimacom dapat melakukannya bersama keluarga atau teman dekat. Nikmati waktu berjalan santai sembari bertukar cerita dan pengalaman hidup. Namun, jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti mengenakan masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. Selain itu, pastikan mencuci tangan sebelum memulai dan sesudah tiba di rumah.

 
2. Sambil Mendengarkan Musik

Berolahraga sambil mendengarkan musik memang terasa lebih menyenangkan. Demikian pula halnya dengan berjalan kaki. Pakailah earphone dan putarlah musik kesukaan #SahabatPrimacom. Namun, pastikan suara musik tidak terlalu kencang supaya #SahabatPrimacom tetap dapat mendengar suara-suara di sekitar.

 
3. Pilih Jalur yang Berbeda

Hindari berjalan di rute yang sama secara terus-menerus. Sesekali, pilihlah rute baru untuk #SahabatPrimacom telusuri. Supaya lebih menyenangkan, coba bandingkan waktu dan jarak tempuh dari setiap rute yang #SahabatPrimacom lalui. Selain itu, #SahabatPrimacom juga dapat memanfaatkan aplikasi olahraga yang mampu mendata jarak, durasi, dan kecepatan setiap kali berjalan kaki.

Selanjutnya, saat #SahabatPrimacom akan berjalan kaki, coba lakukan ketiga tip ini. Kemudian, rasakan sendiri pengalaman berjalan kaki yang jadi jauh lebih mengasyikkan!

Salam sehat!

Similar Posts