4 Tips Mengelola THR

Selain menjadi momentum untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya, berkah lain yang menanti di bulan Ramadan adalah tunjangan hari raya (THR). Mendekati hari Idulfitri, karyawan yang menerima THR biasanya akan memanfaatkannya untuk berbagai keperluan, mulai dari membeli baju Lebaran hingga mengalokasikannya untuk beramal. 

Sumber Ilustrasi: Freepik.com

Dilansir dari Katadata, tak sedikit orang yang masih keliru sehingga menyamakan pengelolaan THR dengan gaji bulanan. Padahal, keduanya seharusnya dikelola dengan cara berbeda. 

Gaji bulanan adalah upah yang dibayarkan perusahaan dan biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sementara itu, THR adalah pendapatan nonupah yang dibayarkan perusahaan saat menjelang hari raya keagamaan. Idealnya, THR dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sebelum menyambut hari kemenangan. 

Untuk gaji bulanan, #SahabatPrimacom pasti sudah punya pola dan strategi tersendiri untuk mengelolanya. Akan tetapi, bagaimana dengan THR yang sifatnya sekali setahun? Jika tidak cermat, bisa-bisa #SahabatPrimacom kebablasan sehingga THR yang diterima langsung habis tak bersisa. 

Agar dapat memaksimalkan THR yang #SahabatPrimacom terima, yuk simak 4 tips berikut! 

 
Alokasikan untuk Berderma

Mengalokasikan dana THR untuk berderma, misalnya untuk zakat, sedekah, ataupun donasi lainnya adalah hal yang harus diprioritaskan. Dilansir dari Investor.id, dana yang perlu dialokasikan berkisar 10% dari THR yang diperoleh. 

 
Segera Lunasi Utang 

Cicilan bulanan ataupun utang lainnya menjadi prioritas selanjutnya. Dilansir dari IDX Channel, dana THR yang perlu dialokasikan untuk melunasi utang idealnya berkisar 30%-50%. Dengan memanfaatkan dana THR, maka porsi gaji bulanan untuk dana darurat dan simpanan dapat bertambah. 

 
Fokuskan untuk Kebutuhan Keluarga

Pengeluaran menjelang Lebaran biasanya melonjak lebih tinggi. Ada berbagai kebutuhan yang harus disiapkan, misalnya seperti membeli baju baru, kue kering, bahan masakan, hingga dana untuk diberikan kepada orang tua, anak, ataupun keponakan. Mengutip rekomendasi dari Kompas.com, batasi pengeluaran untuk kebutuhan menjelang Lebaran maksimal 50% dari dana THR. 

 
Sisihkan untuk Tabungan 

Kekeliruan terbesar dari pengelolaan dana THR adalah tidak mengalokasikannya untuk ditabung. Sebab, THR seringkali dimaknai sebagai dana tambahan untuk pengeluaran dan konsumsi semata. Padahal, menyisihkan sebagian dana THR untuk ditabung sangat direkomendasikan. Mengutip laman BRI, setidaknya 10% dari dana THR perlu dialokasikan untuk ditabung demi kepentingan masa depan. 

Bagaimana dengan #SahabatPrimacom? Sudah terima THR untuk menyambut Idulfitri? Pastikan kelola dana THR dengan bijaksana supaya dapat digunakan untuk sesuatu yang lebih bermanfaat.

Bagi #SahabatPrimacom yang merayakan, keluarga besar PT Primacom Interbuana mengucapkan Selamat Idulfitri 1443 Hijriah. Minal aidin wal faidzin. Mohon maaf lahir dan batin. 

Yuk, klik link berikut untuk menyaksikan makna berbagi kebahagiaan di hari nan fitri dari Primacom:

Similar Posts