|

4 Keunggulan Konektivitas Satelit untuk Efisiensi Bisnis

Menurut Kementerian Koperasi dan UKM, usaha yang terhubung dengan ekosistem digital mengalami pertumbuhan omzet selama masa pandemi. Dilansir dari CNBC Indonesia, hal tersebut terefleksi dari nilai transaksi uang elektronik pada Desember 2020 yang tumbuh 30,4% dari tahun sebelumnya.

Ilustrasi Satelit.

Angka tersebut sejalan dengan penetrasi internet di Indonesia yang turut meningkat. Pada 2018, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) melaporkan penetrasi internet di Indonesia menyentuh angka 64,8%. Pada 2020, angka tersebut sudah mencapai 73,7%.

Suburnya iklim ekonomi digital di Indonesia bahkan diprediksi akan tumbuh tiga kali lipat pada 2025 oleh Google, Temasek, dan Bain. Dengan demikian, wajar apabila saat ini pemerintah menaruh perhatian ekstra pada proyek pembangunan konektivitas digital secara nasional.

Akan tetapi di tengah rencana tersebut, sejumlah faktor masih mengganjal, seperti minimnya koneksi internet berkecepatan tinggi, tarif internet yang mahal, serta terbatasnya akses internet di daerah terpencil. Mengandalkan konektivitas terestrial untuk menghubungkan wilayah Indonesia yang terpisah oleh lautan luas tentunya tidak mudah untuk dilakukan.

Konektivitas berbasis satelit dapat menjadi solusi untuk menjawab tantangan tersebut. Sebab, konektivitas berbasis satelit mampu menjangkau daerah-daerah yang sulit dilayani oleh konektivitas terestrial. Apalagi, seiring dengan perkembangan teknologi satelit, masyarakat dapat merasakan pengalaman berinternet cepat dengan harga yang lebih hemat.

High throughput satellite (HTS) merupakan salah satu teknologi satelit terkini. Teknologi ini pula yang akan digunakan pemerintah untuk merealisasikan konektivitas digital nasional. Harapannya, 150.000 titik di seluruh penjuru negeri, terutama sekolah, fasilitas kesehatan, dan kantor pemerintah yang sulit terjangkau dapat terhubung dengan internet berkecepatan tinggi demi mendorong kesejahteraan masyarakat. Selain itu, teknologi HTS juga dapat dimanfaatkan oleh sektor swasta untuk efisiensi bisnis.

Salah satu teknologi HTS yang dapat Anda pilih untuk menunjang perfoma bisnis adalah layanan Prima HTS milik Primacom. Berikut adalah 4 keuntungan memilih Prima HTS!

 
1. Kapasitas Lebih Besar

Spektrum ka-band Prima HTS mampu menghasilkan kapasitas data lebih besar karena memaksimalkan daya dan frekuensi satelit.

 
2. Biaya Hemat

Prima HTS memiliki kemampuan efisiensi frekuensi yang tinggi sehingga biaya yang Anda keluarkan lebih hemat.

 
3. Cakupan Nasional

Layanan Prima HTS dapat menjangkau daerah-daerah terpencil. Oleh karena itu, Prima HTS dapat mendukung operasional UMKM di daerah agar dapat berjalan lebih optimal.

 
4. Perangkat Minimalis

Prima HTS terdiri atas perangkat yang ringkas dengan proses instalasi yang praktis. Diameter antena Prima HTS hanya berukuran 1,2 meter sehingga tidak memerlukan area yang terlalu luas.

Pengguna dapat melihat panduan instalasi Prima HTS di sini. Untuk informasi lebih lengkap mengenai layanan Prima HTS, silakan klik di sini.

Similar Posts