Primacom.com - 16/09/2022

 

Berkomunikasi tidak melulu soal berbicara. Salah satu aspek komunikasi yang tidak kalah penting adalah mendengarkan. Bukan sekadar masuk dari telinga kiri dan keluar dari telinga kanan, mendengarkan memerlukan konsentrasi agar mampu memahami pesan yang disampaikan. Menurut Epictetus, seorang filsuf Yunani, manusia memiliki dua telinga dan satu mulut supaya dapat mendengarkan lebih banyak dibanding berbicara. 

 

Sumber gambar: https://img.freepik.com/free-photo/meeting-with-business-partners_1098-17048.jpg?t=st=1659687651~exp=1659688251~hmac=82c0b1cde076c0133ed68ceca2605ddd4e8c5be0d5969d6ffdd8d1b383b1d4d5

 

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh seseorang ketika memiliki keterampilan mendengarkan yang baik, di antaranya, menambah wawasan, melatih konsentrasi, menghindari kesalahan informasi, mengembangkan empati kepada orang lain, dan membangun kredibilitas. Kendati demikian, tidak semua orang mampu mengembangkan keterampilan mendengarkan dengan baik. 

 

Supaya #SahabatPrimacom mampu menjadi seorang pendengar yang terampil, berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan. 

 

  1. Penuh perhatian, tapi tetap santai

Ketika seseorang berbicara, pastikan #SahabatPrimacom menatap mata dan menyimak pembicaraan mereka dengan saksama. Hindari melakukan aktivitas yang lain, misalnya sambil bermain ponsel, karena akan menimbulkan kesan kurang menghargai.

 

  1. Jangan menyela pembicaraan 

Biarkan rekan bicara menyelesaikan obrolannya terlebih dahulu supaya pesan yang ditangkap tidak sepotong-sepotong. Selain itu, dari segi etika, memotong pembicaraan orang lain juga dianggap kurang sopan.

 

  1. Berikan respons secukupnya

#SahabatPrimacom dapat memberi respons berupa anggukan saat mereka sedang berbicara ataupun mengajukan pertanyaan lanjutan saat mereka selesai berbicara. Hindari memberikan respons yang menimbulkan perasaan kurang nyaman, misalnya membanding-bandingkan dengan orang lain, menyepelekan masalah, ataupun cemoohan. 

 

  1. Siapkan koneksi yang prima

Untuk komunikasi jarak jauh, pastikan #SahabatPrimacom menyiapkan sinyal komunikasi yang prima agar lebih nyaman saat sedang mendengarkan. Sinyal buruk membuat pesan yang ditangkap kurang optimal dan dapat berujung pada kesalahpahaman. 

 

#SahabatPrimacom dapat menggunakan layanan konektivitas yang ditawarkan Primacom untuk mendukung komunikasi yang lancar setiap saat. Ingin konsultasi mengenai kebutuhan komunikasi #SahabatPrimacom? Klik di sini!