Teknologi MPLS Jaringan dan Manfaatnya

Di era digital seperti sekarang ini, koneksi real-time yang memiliki reliabilitas dan efisiensi yang baik begitu penting. Salah satu solusi teknologi yang masih menjadi pilihan adalah MPLS atau Multiprotocol Label Switching. Dengan mengadopsi teknologi ini, lalu lintas data dapat lebih efisien serta memiliki keuntungan secara kinerja, hingga keamanannya.

Untuk #SahabatPrimacom yang masih belum memahami tentang teknologi ini, jangan khawatir, karena di bawah ini akan dibahas tentang pengertian dari MPLS itu sendiri, komponen, serta berbagai benefitnya. 

Memahami Teknologi MPLS

Multi Protocol Label Switching secara sederhana berfungsi sebagai sistem atau metode komunikasi berbasis IP yang memudahkan manajemen lalu lintas data. Pada intinya, teknologi ini memprioritaskan pengiriman data berdasarkan data label yang dilekatkan pada IP Package untuk kemudian diteruskan ke Label Switching Path. Data label yang berisi informasi tujuan node ini dihasilkan oleh Label Switching Router

Teknologi ini merupakan penggabungan antara IP dan Asynchronous Transfer Mode (ATM), sehingga teknologi ini mampu membentuk virtual circuit dalam jaringannya. Dengan begitu, lalu lintas data akan lebih cepat dan efisien apabila dibandingkan dengan protokol routing tradisional. 

Komponen MPLS Jaringan

Mengutip dari sumber, berikut beberapa komponen MPLS jaringan yang perlu diketahui.

Label Switching Router (LSR): Merupakan MPLS node yang meneruskan paket-paket layer 3.

Label Switched Patch (LSP): Merupakan jalur yang melalui satu atau serangkaian LSR, dimana paket diteruskan oleh label swapping dari satu node ke node lainya. 

Label Edge Router (LER): Merupakan MPLS node yang menghubungkan sebuah Domain dengan node yang berada diluar domain

MPLS Ingress Node: MPLS node yang mengatur trafik saat akan memasuki MPLS domain atau merupakan LSR pertama.

MPLS Egress Node: MPLS node yang mengatur trafik saat meninggalkan MPLS Domain 

MPLS Label: Label yang ditempatkan sebagai Header. 

MPLS Node: Protokol yang meneruskan paket berdasarkan label

Berbagai Keuntungan Menggunakan Teknologi ini

Setelah mengetahui cara kerja serta komponen di dalamnya mari kita beralih kepada keuntungan menggunakan teknologi MPLS bagi sebuah bisnis. 

Efisiensi dan Manajemen Jaringan yang Lebih Baik

Teknologi jaringan ini meningkatkan efisiensi jaringan dengan pemberian label, menyederhanakan routing, dan mengurangi overhead routing. Dengan begitu, pengiriman data akan lebih cepat dan konsisten. Memastikan aplikasi atau layanan critical mendapatkan prioritas yang tepat.   

Implementasi QoS (Quality of Services)

Dengan adanya label tadi, teknologi ini memungkinkan implementasi quality of services, sehingga dapat memberikan prioritas kepada layanan atau aplikasi tertentu yang memerlukan keandalan tinggi dan latency rendah seperti VoIP maupun video conference

Memudahkan Skalabilitas di Masa Depan

Teknologi ini dirancang untuk kebutuhan skalabilitas yang tinggi, memungkinkkan perluasan jaringan dengan mudah saat bisnis berkembang. Teknologi ini juga telah mendukung implementasi fitur path redundancy dan load balancing untuk meningkatkan keandalan jaringan. 

Keamanan yang Lebih Baik

Walaupun secara default tidak terenkripsi, teknologi ini dapat mendukung keamanan data dengan dukungan VPN (Virtual Private Network) yang memastikan data tetap terenkripsi dan hanya dapat diakses oleh pihak tertentu saja. 

Ketahui Lebih Banyak Tentang MPLS Jaringan

Teknologi Multiprotocol Label Switching (MPLS) dapat menjadi salah satu pilihan teknologi jaringan yang relevan dan efektif untuk bisnis bukan hanya untuk saat ini, tetapi juga untuk masa yang akan datang. Dengan berbagai teknologi baru nantinya, pemahaman tentang teknologi ini serta manfaatnya menjadi penting bagi para profesional di bidang jaringan, hingga para pengambil keputusan. 

Primacom sebagai penyedia solusi layanan komunikasi menyeluruh, memiliki engineer berpengalaman yang dapat menjawab berbagai pertanyaan tentang teknologi tersebut.  

Apabila #SahabatPrimacom memiliki pertanyaan tentang MPLS atau solusi jaringan lainnya, segera hubungi tim kami di sini atau klik icon WhatsApp yang tersedia di bawah ini. 

Similar Posts