Tak Selamanya Jahat, Ini Perbedaan Hacker Black Hat, White Hat, dan Grey Hat!

Hacker adalah individu yang menggunakan kemampuan IT untuk mengidentifikasi dan menerobos celah pada suatu sistem keamanan atau jaringan komputer. Itu sebabnya, stigma kejahatan seringkali melekat pada sosok hacker. Sebagai contoh, hacker selalu diidentikkan dengan tindakan pembobolan, penipuan, dan pemerasan. Padahal, tidak semua hacker menggunakan kapabilitas mereka untuk melakukan tindakan kriminal.

Sumber ilustrasi:  https://www.freepik.com/free-photo/hacker-working-darkness_11298790.htm#query=black%20hacker&position=0&from_view=search&track=sph

Dilansir dari Kompas.comhacker terbagi menjadi 3 kategori, yakni black hat, white hat, dan grey hat. Mereka bekerja berdasarkan motif dan peran yang berbeda.  Berikut adalah perbedaan antara ketiga jenis hacker tersebut yang perlu #SahabatPrimacom ketahui. 

Black Hat Hacker

Hacker jenis inilah yang sebetulnya memiliki motif jahat dan melakukan tindakan kriminal. Mereka akan berusaha mencari-cari celah keamanan dari suatu jaringan komputer milik perusahaan atau institusi supaya dapat melakukan berbagai serangan siber. Ketika berhasil menerobos sistem, mereka mencuri data-data penting untuk diperjualbelikan atau digunakan untuk melakukan pemerasan. 

White Hat Hacker 

Tidak seperti black hat hacker yang motifnya jahat, white hat hacker memiliki motif untuk membantu perusahaan atau institusi menemukan celah keamanan. Mereka dibayar secara profesional untuk menguji dan memperkuat sistem milik perusahaan atau institusi serta mengantisipasi serangan siber. Itu sebabnya, hacker jenis ini dikenal pula dengan istilah ethical hacker

Grey Hat Hacker 

Motif dan peran hacker ini bersinggungan dengan black hat hacker dan white hat hacker. Mereka menerobos sistem milik perusahaan atau institusi secara ilegal bukan untuk mencuri data dan memperjualbelikannya. Mereka biasanya akan melaporkan temuan celah keamanan pada perusahaan atau institusi serta menawarkan biaya tertentu untuk menanggulangi celah keamanan tersebut. Tidak sedikit pula grey hat hacker yang melakukan aksi peretasan hanya untuk mengasah keterampilan dan memberi kepuasan pribadi. 


Demikian perbedaan hacker kategori black hat, white hat, dan grey hat. Tidak semuanya jahat, kan, #SahabatPrimacom?

Similar Posts