Pinjaman online (pinjol) makin populer di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Meskipun dijanjikan berbagai kemudahan, #SahabatPrimacom harus tetap cermat. Salah-salah, #SahabatPrimacom malah terperangkap dalam jeratan pinjol ilegal.

 

 

 


Sumber Ilustrasi: Freepik.com

 

 

 

Dilansir dari Kontan, ada beberapa upaya yang dilakukan oleh pinjol ilegal untuk menjebak peminjam, di antaranya menetapkan suku bunga dan denda yang mencekik, memberikan jangka waktu pelunasan yang singkat, hingga melakukan penagihan yang disertai dengan ancaman, teror, intimidasi, dan pelecehan.

 

Selain itu, pinjol ilegal biasanya akan meminta akses ke semua data yang ada di perangkat ponsel peminjam, termasuk daftar kontak. Bahkan, tidak sedikit kasus pinjol ilegal turut meneror orang-orang di dalam daftar kontak peminjam sehingga menimbulkan ketidaknyamanan. Oleh karena itu, penting untuk memastikan akses aplikasi pinjol hanya sebatas kamera, mikrofon, dan lokasi ponsel sesuai dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

Untuk menghindari hal tersebut, #SahabatPrimacom yang ingin menggunakan layanan pinjol harus memastikan layanannya sudah terdaftar dan diawasi OJK. Namun, apa yang harus dilakukan apabila #SahabatPrimacom sudah telanjur menggunakan layanan pinjol ilegal? Dilansir dari Kontan, berikut adalah 4 hal yang dapat dilakukan.

 
1. Segera lunasi

Lunasilah pinjaman sesegera mungkin. Apabila belum memungkinkan, lakukan restrukturisasi, misalnya permohonan penurunan bunga atau perpanjangan periode pinjaman.

 
2. Jangan gali lubang, tutup lubang

Tidak sedikit yang mencari pinjaman baru untuk menutupi utang lama. Cara ini bukannya efektif, justru malah makin menambah permasalahan.

 
3. Blokir nomor telepon tak beretika

Jika proses penagihan disertai ancaman, teror, intimidasi, atau pelecehan, segera blokir nomor tersebut dan informasikan ke seluruh kontak di ponsel untuk mengabaikannya. 

 
4. Lapor ke pihak berwenang

Apabila merasa dirugikan, laporkan perlakuan pinjol ilegal ke polisi atau Satgas Waspada Investasi agar segera ditindaklanjuti.

 

 

Ke depan, jika masih membutuhkan dana melalui mekanisme pinjaman online, periksalah terlebih dahulu legalitas perusahaannya melalui media komunikasi OJK. Unduh aplikasi pinjol yang legal melalui perangkat digital #SahabatPrimacom. Untuk memperlancar pengalaman menggunakan pinjol, pastikan #SahabatPrimacom selalu terkoneksi dengan layanan internet yang prima, ya!