www.primacom.com - 22/12/2022

 

Beroperasi di kawasan terpencil dan sulit dijangkau, bisnis pertambangan harus berhadapan dengan minimnya konektivitas. Hal ini menjadi kendala sebab konektivitas sangat dibutuhkan untuk menunjang berbagai aktivitas bisnis pertambangan, seperti transmisi data, monitor lokasi, pemantauan armada, hingga komunikasi dengan kantor pusat.

 

Sumber ilustrasi: https://img.freepik.com/free-photo/male-worker-with-bulldozer-sand-quarry_1303-28092.jpg?w=996&t=st=1671445935~exp=1671446535~hmac=cdc43461dbfd43f4cc99d524542ac1fbcac1c36f45b55b235869af497a0d2d06

 

Di tengah tantangan konektivitas yang dihadapi oleh pelaku bisnis pertambangan, Primacom memperkenalkan berbagai solusi melalui ajang 2023 Indonesian Coal Outlook Conference dan 2023 Indonesian Nickel Outlook Conference di JW Marriott Hotel, Jakarta pada Rabu (7/12) dan Kamis (8/12). Dihadiri oleh ratusan pelaku industri pertambangan, ajang ini membahas tren dan proyeksi komoditas batu bara dan nikel untuk tahun mendatang. 

 

“Konektivitas di daerah remote ini penting untuk membawa industri pertambangan terdigitalisasi, terutama untuk monitoring, komunikasi, dan sebagainya, sehingga operasionalnya jadi lebih optimal,” ujar Hariyanto selaku Kepala Pusat Sumberdaya Mineral, Batubara, dan Panas Bumi, Kementerian ESDM saat ditanya mengenai konektivitas untuk kawasan operasional bisnis pertambangan. 

 

Lantas, solusi apa saja yang ditawarkan Primacom?

 

Infrastruktur Komunikasi

Primacom mampu membangun infrastruktur komunikasi untuk kawasan operasional bisnis di seluruh Indonesia. Menggunakan teknologi VSAT, konektivitas dari Primacom dapat menjangkau kawasan bisnis terpencil sekalipun yang selama ini sulit dijangkau oleh konektivitas terestrial. 

 

Primacom juga memiliki teknologi VSAT untuk mobilitas, yakni Kymeta Hawk u8. Antena Kymeta Hawk u8 hadir dengan perangkat yang ringkas, modern, dan aerodinamis sehingga mudah dipasang pada berbagai armada perusahaan, baik di darat maupun di laut. Meski berpindah-pindah lokasi, pelaku bisnis tetap dapat merasakan konektivitas yang berkualitas. 

 

[Baca juga Primacom Jadi Distributor Utama Antena Terbaru Kymeta

 

Multimedia Data Compression

Teknologi kompresi data dari Primacom dikenal dengan nama PrimaX. Teknologi ini mampu mengompresi berbagai jenis data, seperti rekaman CCTV, data geologi, laporan produksi, dan data bisnis lainnya hingga 99% tanpa mengurangi kualitas. Dengan ukuran data yang lebih kecil, proses transmisi data jadi lebih cepat, bandwidth lebih hemat, dan storage jadi lebih efisien. 

 

[Baca juga 3 Alasan Sektor Pertambangan Perlu Kompresi Data]

 

Fleet Management & Fatigue Notification System 

Ini merupakan solusi untuk memantau dan melacak armada perusahaan agar beroperasi sesuai dengan penugasan. Terintegrasi dengan artificial intelligence, teknologi ini dapat mengidentifikasi dan mengirim peringatan jika pengemudi menunjukkan tanda-tanda hilang konsentrasi. Selain itu, solusi ini memungkinkan perusahaan berkomunikasi dengan pengemudi bahkan saat armada melintasi wilayah yang susah sinyal. 



Cloud Services 

Primacom Cloud mendukung implementasi digital mining karena memungkinkan perusahaan untuk menyimpan, mengirim, dan mengakses big data perusahaan secara digital. Perusahaan dapat memilih layanan public cloud maupun private cloud dengan sistem keamanan bertaraf internasional. 


#SahabatPrimacom membutuhkan konektivitas untuk industri pertambangan? Yuk, hubungi Primacom di sini dan dapatkan penawaran menarik!