Primacom.com - 18/04/2022

 

 

 


Sumber Ilustrasi: Freepik.com

 

 

 

Akreditasi merupakan faktor penting yang harus #SahabatPrimacom perhatikan sebelum memilih layanan data center. Sebab, reliabilitas dan performa sebuah data center dapat teridentifikasi melalui akreditasi yang diperoleh. Dengan mengetahui akreditasi sebuah layanan data center, #SahabatPrimacom dapat menyesuaikan anggaran dan signifikansinya bagi operasional perusahaan. Data center dengan akreditasi berbeda menawarkan spesifikasi berbeda pula. 

 

ANSI/TIA-942 adalah standar khusus yang mengatur tentang data center. Adapun, akreditasi yang diperoleh berdasarkan standar ini meliputi arsitektur (termasuk fire safety, physical security, site location), kelistrikan, mekanikal (cooling system), telekomunikasi, dan aspek fundamental lainnya. Akreditasi data center berdasarkan ANSI/TIA-942 terklasifikasi dalam empat tingkatan, yakni Rated-1, Rated-2, Rated-3, dan Rated-4. 

 

Lantas, spesifikasi apa saja yang membedakan keempatnya? 

 

Dilansir dari situs web resmi Telecommunication Industry Association (TIA), berikut adalah perbedaan spesifikasi data center Rated-1, Rated-2, Rated-3, dan Rated-4. 





Rated-1: Basic Site Infrastructure 

Data center Rated-1 memiliki komponen kapasitas tunggal dan hanya dilengkapi satu jalur distribusi untuk melayani perangkat komputer. Perlindungan terhadap musibah fisik yang dimiliki data center ini sangat terbatas. 

 
Rated-2: Redundant Capacity Component Site Infrastructure

Data center Rated-2 sudah memiliki komponen kapasitas berulang, tetapi masih dengan satu jalur distribusi untuk melayani perangkat komputer. Perlindungan terhadap musibah fisik yang dimiliki data center ini sudah lebih baik dibanding Rated-1. 

 
Rated-3: Concurrently Maintainable Site Infrastructure

Akreditasi ini diberikan kepada data center yang memiliki komponen kapasitas berulang dan jalur distribusi ganda untuk melayani perangkat komputer. Data center ini dapat beroperasi dan dirawat secara bersamaan. Artinya, setiap komponen kapasitas dapat dipindahkan, diganti, atau diperbaiki tanpa mengganggu kualitas layanan. Selain itu, data center ini telah dilengkapi dengan perlindungan terhadap sebagian besar musibah fisik. 

 
Rated-4: Fault Tolerant Site Infrastructure 

Ini merupakan data center dengan komponen kapasitas berulang dan jalur distribusi ganda. Sama seperti Rated-3, data center ini dapat beroperasi dan dirawat secara bersamaan. Data center ini memiliki perlindungan untuk hampir seluruh musibah fisik. 



 

Primacom Data Center merupakan data center komersial pertama di Indonesia dengan akreditasi Rated-3 untuk Constructed Facilities and Design sesuai dengan standar ANSI/TIA-942-B:2017.

 

Selain itu, Primacom Data Center telah memperoleh sertifikasi ISO 27001 tentang Information Security Management, sertifikasi PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standard), serta sejumlah sertifikasi lainnya yang menyangkut manajemen mutu layanan dan keselamatan kerja. Primacom Data Center juga memiliki layanan yang terintegrasi dengan teleport sehingga mampu memberikan keunggulan ekstra.  


Sedang mencari data center yang terpercaya, terakreditasi, dan teruji kualitas layanannya? Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan penawaran menarik dari Primacom Data Center!