Membuat resolusi tahun baru sudah menjadi rutinitas tahunan. Tiap menjelang pergantian tahun, banyak orang membuat resolusi agar terpacu memiliki pola hidup yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Tak jarang, momen membuat resolusi tahun baru turut menjadi kesempatan merefleksikan resolusi terdahulu.

 

 


Sumber Ilustrasi: Freepik.com

 

Meskipun membuat resolusi tampak sepele, faktanya tidak banyak yang benar-benar berhasil mewujudkan resolusinya, lho! Menurut Entrepreneur.com, hanya 9.2% orang yang sukses mewujudkan resolusi tahun baru. Maka, wajar jika banyak resolusi yang berakhir menjadi sekadar wacana.

 

#SahabatPrimacom, supaya tak melulu wacana, hindari membuat resolusi yang terlalu muluk-muluk. Lebih baik, buatlah resolusi yang sederhana, tetapi dilakukan secara konsisten. Untuk membantu #SahabatPrimacom membuat resolusi tahun baru yang efektif, metode SMART juga dapat digunakan.

 

[Baca Juga “Resolusi Tahun Baru Gagal Melulu? Coba Metode SMART!”]

 

Jika masih bingung bagaimana menentukan resolusi, berikut adalah 3 contoh yang dapat dijadikan referensi. Coba simak penjelasan di bawah ini, siapa tahu ada yang cocok bagi #SahabatPrimacom!

 

1. Rutin Berolahraga

Aktivitas ini sering masuk dalam daftar resolusi tahun baru. Namun, ada saja alasan untuk menundanya. Padahal, kalau olahraganya tidak teratur, hasil yang diperoleh tubuh pun tidak maksimal. 

 

Apabila #SahabatPrimacom baru mau mulai berolahraga, jangan paksakan diri dengan aktivitas yang berat. Mulailah dari aktivitas yang ringan terlebih dahulu.

 

Sebagai contoh, buatlah resolusi seperti, “Saya akan mulai lari pagi minimal dua kali seminggu selama 20 menit”.

 

2. Mengatur Pola Makan

Olahraga tidak lengkap apabila tidak dibarengi dengan pola makan yang sehat. Oleh karena itu, sangat ideal untuk memasukkan rutinitas makan sehat ini ke daftar resolusi tahun baru.

 

Apalagi, bagi #SahabatPrimacom yang ingin menurunkan atau menaikkan berat badan, kombinasi antara olahraga dan pola makan yang terkontrol dapat memberikan hasil yang lebih optimal. Selain itu, kini pun sudah berkembang berbagai metode diet yang dapat membantu #SahabatPrimacom menjaga pola makan sehat. 

 

[Baca Juga “Intip 5 Jenis Diet yang Paling Populer”]

 

Terkait dengan itu, #SahabatPrimacom dapat membuat resolusi seperti, “Saya akan mengurangi kalori yang masuk ke tubuh dengan melakukan diet intermittent fasting hingga berat badan saya mencapai 60 kg.”

 

3. Belajar Investasi

Makin ke sini, kesadaran berinvestasi makin tumbuh di tengah masyarakat. Riset yang dilakukan Investor Global Schroders 2021 menunjukkan, 48% dari investor yang berusia 18-37 tahun mengalokasikan dana investasi lebih besar setelah pembatasan sosial dicabut.

 

Pasalnya, mulai dari reksadana hingga cryptocurrency, kini dapat dengan mudah diakses masyarakat. Selain itu, platform yang menyediakan edukasi seputar investasi bagi pemula juga telah banyak bermunculan.

 

#SahabatPrimacom yang belum melek investasi dan berencana mulai investasi di tahun depan dapat membuat resolusi seperti, “Saya akan meluangkan waktu setidaknya 1 jam sehari untuk belajar investasi melalui aplikasi online agar lebih matang saat terjun berinvestasi”.

 

Itu dia 3 contoh resolusi tahun baru yang dapat #SahabatPrimacom jadikan referensi. Dengan koneksi internet yang prima, #SahabatPrimacom dapat memanfaatkan berbagai aplikasi digital untuk membantu mewujudkan resolusi, seperti aplikasi lari, aplikasi pesan makanan, dan aplikasi belajar investasi.

 

Dari ketiga resolusi di atas, ada yang ingin #SahabatPrimacom ikuti? Apa pun resolusinya, yang terpenting sebenarnya adalah bagaimana mentransformasi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

 

Selamat menyambut tahun baru dengan resolusi baru, #SahabatPrimacom!