Data Center dan Disaster Recovery Center, Apa Bedanya?

Seiring pesatnya arus digitalisasi, peran data dalam operasional bisnis menjadi semakin krusial. Terdapat dua infrastruktur penting dalam menunjang pengelolaan data perusahaan secara profesional, yakni Data Center (DC) dan Disaster Recovery Center (DRC). Keduanya sangat dibutuhkan untuk mendukung terwujudnya ekosistem digital perusahaan. 

the room of Disaster recovery center
Ilustrasi ruangan data center. Image by 123rf.com

Data Center adalah fasilitas fisik yang dirancang untuk menyimpan, mengelola, dan memproses data untuk menunjang operasional perusahaan. Sementara itu, Disaster Recovery Center (DRC) adalah fasilitas IT yang digunakan untuk mencadangkan data dan memulihkan data apabila terjadi kegagalan sistem, bencana alam, atau situasi darurat lainnya. 

Walaupun keduanya memiliki peran yang mirip dalam hal penyimpanan dan pengelolaan data, terdapat perbedaan signifikan antara Data Center dan Disaster Recovery Center. Supaya #SahabatPrimacom makin paham, yuk simak penjelasan berikut ini!

[Baca Juga: Perbedaan Data Center dan Cloud, mana yang unggul?]

Data Center 

Fungsi utama Data Center sebagai sarana untuk menyimpan, mengelola, dan memproses data sehingga perusahaan dapat melakukan operasional bisnis sehari-hari secara optimal. Data Center disebut juga sebagai pusat data. Server dan infrastruktur IT perusahaan biasanya disimpan di dalam Data Center. Dengan tingkat keamanan yang tinggi serta fasilitas berstandar internasional, Data Center menjamin data perusahaan disimpan dan dirawat secara profesional. 

Disaster Recovery Center (DRC)

Fungsi utama DRC adalah sebagai sarana cadangan untuk menyimpan data perusahaan dan mengantisipasi risiko kehilangan data apabila sewaktu-waktu terjadi gangguan pada pusat penyimpanan utama. Dengan menggunakan DRC, perusahaan dapat meminimalisasi terjadinya downtime yang dapat mengganggu layanan perusahaan. DRC menjamin operasional bisnis tetap berjalan dengan prima saat terjadi bencana pada penyimpanan utama. 

Karena keduanya digunakan untuk menyimpan data perusahaan, Data Center dan DRC dirancang dengan sistem keamanan yang berlapis-lapis, termasuk pengawasan kamera 24/7, kontrol akses, dan  sistem keamanan lainnya. Selain itu, Data Center dan DRC memiliki desain fasilitas yang sangat detail, mulai dari deteksi asap, penanggulangan api dini, pasokan listrik cadangan, sistem pendinginan, manajemen risiko, dan sebagainya. 

Primacom Data Center dapat menjadi opsi unggulan apabila #SahabatPrimacom sedang mencari layanan data center maupun disaster recovery center (DRC). Primacom Data Center terakreditasi ANSI/TIA-942 Rated-3 for Design and Constructed Facilities serta didukung dengan WTA Tier-4 Teleport.

Ingin jadwalkan survei ke Primacom Data Center? Klik di sini untuk konsultasi lebih lanjut dan dapatkan penawaran menarik. 

Similar Posts