Benarkah Sabang sampai Merauke? Ini 4 Titik Paling Ujung Indonesia!

Image by nikitabuida on Freepik

#SahabatPrimacom, pernah dengar lagu ini? 

“Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.”

Atau lirik lagu ciptaan R. Soerarjo ini?

“Dari Sabang sampai Merauke, berjajar pulau-pulau.”

Sebagian dari kita mengenal titik-titik terujung Indonesia melalui lagu-lagu ini. Dilansir dari Good News From Indonesia, lagu ciptaan R. Soerarjo pada 20 Mei 1942 ini semula berjudul Dari Timur ke Barat, tetapi sang proklamator, yaitu Bung Karno kemudian merevisi judul lagu ini menjadi Dari Sabang sampai Merauke. 

Lagu ini kemudian dikenal luas lantaran masyarakat diminta untuk menghafalkan lagu ini dalam rangka mendukung operasi Trikora guna merebut Papua Barat dari Kerajaan Belanda.

Namun, siapa sangka bahwa ternyata Sabang, Pulau Miangas, dan Pulau Rote bukan titik terujung Republik Indonesia. Nah, dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI, berikut adalah 4 titik paling ujung Indonesia berdasarkan titik koordinat yang dapat #SahabatPrimacom ketahui! 

1. Bukan Sabang, tapi Pulau Benggala

Selama ini, kita mengenal Sabang sebagai titik paling barat Indonesia. Namun, berdasarkan koordinat geografis, titik paling barat Indonesia sebenarnya berada di sebelah barat Pulau Weh, yaitu Pulau Benggala.

Pulau ini masuk dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Oleh masyarakat sekitar, pulau ini disebut juga dengan Batu Tigabelas lantaran bentuknya yang hanya berupa beberapa batu hitam yang berdekatan dan membentuk gugusan pulau. 

2. Bukan Pulau Miangas tapi Pulau Rondo

Pulau Miangas, yang berada di Sulawesi Utara dan berbatasan dengan Filipina, sering disangka sebagai batas paling utara Indonesia. Akan tetapi, berdasarkan letak koordinat, titik paling utara Indonesia masih berada di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, tepatnya Pulau Rondo. 

Pulau Rondo tidak berpenghuni dan hanya memiliki pos perbatasan yang dijaga oleh TNI. 

3. Bukan Pulau Rote tapi Pulau Pamana

Titik paling selatan Indonesia sering disangka Pulau Rote. Namun, ternyata ada satu pulau kecil di bagian barat daya Pulau Rote yang secara geografis tercatat sebagai pulau paling selatan Indonesia sekaligus pulau paling selatan wilayah Asia. 

Pulau kecil itu bernama Pulau Pamana yang masuk dalam wilayah Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

4. Benar di Merauke, Tepatnya Muara Torasi

Sementara titik paling timur Indonesia benar terletak di Merauke, lebih tepatnya di Muara Torasi, Kecamatan Naukenjerai, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan. Muara Torasi dijaga ketat karena merupakan perbatasan antara Indonesia dan Papua Nugini. 

Nah #SahabatPrimacom, itulah empat titik terujung di Republik Indonesia berdasarkan koordinat geografis. Semoga dapat menambah wawasan kita bersama, ya! 

#SahabatPrimacom butuh koneksi internet untuk bisnis, tetapi berlokasi di kawasan terpencil yang sulit dijangkau? Primacom dapat membantu pembangunan infrastruktur komunikasi hingga ke seluruh pelosok Indonesia! Dengan komunikasi yang prima, operasional bisnis jadi makin lancar! Segera hubungi tim Primacom di sini!

Similar Posts