Media Penyimpanan Local Storage vs Cloud Storage, Ini Bedanya!

Data-data penting, baik berupa dokumen, audio, foto, ataupun video, memerlukan media penyimpanan yang memadai supaya dapat diakses kembali ketika dibutuhkan. Ada dua media penyimpanan yang umum digunakan, yakni local storage and cloud storage. Meskipun keduanya sama-sama dipakai untuk menyimpan data, ada perbedaan mendasar antara local storage and cloud storage.

Sumber ilustrasi: https://bit.ly/3EsQQXV

Agar #SahabatPrimacom dapat memilih media penyimpanan yang tepat dan sesuai kebutuhan, yuk simak penjelasan berikut ini! 

Local Storage

Local storage adalah media penyimpanan yang memiliki bentuk fisik. Beberapa contoh local storage yang sering dijumpai adalah hard diskflash diskmemory cardcompact disk, ataupun memori internal pada ponsel dan perangkat lainnya. 

Pengguna hanya dapat menyimpan dan mengakses data-data di local storage jika memiliki perangkatnya secara fisik. Apabila local storage hilang atau dicuri, data-data yang tersimpan pun akan raib. Selain itu, local storage biasanya memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih terbatas jika dibandingkan dengan cloud storage

Cloud Storage

Tidak seperti local storage, penyimpanan data via cloud storage tidak memerlukan perangkat penyimpanan fisik. Sebab, cara kerja cloud storage memanfaatkan koneksi internet. Artinya, untuk menyimpan dan mengakses data melalui cloud storage, pengguna harus terhubung ke koneksi internet terlebih dahulu. Hal ini memungkinkan cloud storage dapat diakses dari mana pun dan kapan pun. 

Dari segi keamanan, cloud storage tidak dapat hilang atau dicuri sebab bukan berbentuk fisik. Selain itu, pengguna harus menginput password dan tidak jarang harus melewati autentikasi dua faktor supaya dapat mengakses cloud storage

Yang tidak kalah penting, kapasitas penyimpanan cloud storage jauh lebih besar dan fleksibel jika dibandingkan dengan local storage. Bahkan, tidak jarang ada penyedia layanan yang menawarkan kapasitas unlimited.

Primacom Cloud menghadirkan layanan penyimpanan data berbasis cloud yang aman dan terpercaya! Tersedia dalam private cloud and public cloud, layanan Primacom Cloud mampu memberi efisiensi bagi performa perusahaan di era digital. Yuk, cari tahu lebih banyak tentang Primacom Cloud dan dapatkan penawaran menariknya di sini! 

Similar Posts