4 Tips Memilih Penyedia Layanan Internet Satelit yang Tepat

Membuka bisnis baru di daerah pedalaman memiliki berbagai tantangan, salah satunya adalah konektivitas internet. Hingga saat ini, Indonesia masih menghadapi kesenjangan digital yang cukup signifikan, terutama di daerah tertinggal. Padahal potensi berkembangnya bisnis masyarakat di daerah tersebut begitu besar. Salah satu solusi potensial untuk mengatasi kesenjangan ini adalah menggunakan layanan internet satelit. 

Lalu, kapan pelaku bisnis perlu menggunakan layanan internet satelit? Bagaimana memilih penyedia layanan internet satelit yang tepat? #SahabatPrimacom, mari simak pembahasan berikut ini!

Pertumbuhan Internet Indonesia Masih Belum Merata di Tahun 2023

Pertumbuhan Internet di Indonesia pada 2023 mengalami perlambatan. Berdasarkan hasil survei dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), penetrasi internet di Indonesia pada 2023 hanya mencapai 78,19%, yakni tumbuh 1,17% dibanding 2022. Angka ini menunjukkan bahwa akses internet di Indonesia belum merata, terutama di daerah-daerah terpencil yang memiliki tantangan geografis. 

Muhammad Arif, Ketua Umum APJII menyatakan, “Perlambatan ini menunjukkan bahwa kita perlu memperkuat upaya dalam memperluas akses internet, khususnya di daerah-daerah yang masih belum terjangkau. Akses internet yang merata menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam mewujudkan Indonesia sebagai pemain utama dalam ekonomi digital.”

Internet satelit dapat dihadirkan sebagai salah satu solusi untuk mengatasi kesenjangan koneksi tersebut. Mengingat salah satu keunggulannya yaitu dapat terkoneksi dengan internet tanpa perlu membangun infrastruktur jaringan kabel. Dengan begitu, bisnis di berbagai daerah tertinggal dapat memiliki kesempatan yang sama untuk terus maju dan berkembang. 

Mengingat perangkatnya yang mudah dirakit, perangkat ini dapat menyediakan kebutuhan internet hingga ke daerah terpencil yang tidak terjangkau sinyal seluler. Dengan perangkat ini, bisnis di berbagai daerah tertinggal di Indonesia dapat memiliki kesempatan yang sama untuk terus maju dan berkembang.

Tips Memilih Penyedia layanan Internet Satelit

Pertanyaan yang muncul berikutnya adalah bagaimana cara mendapatkan penyedia layanan internet satelit yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, kami telah merangkum beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih penyedia layanan tersebut.

Merinci Kebutuhan Komunikasi  yang Diperlukan

Sebelum melakukan pencarian provider internet satelit, penting untuk mengetahui kebutuhan konektivitas yang diperlukan dengan jelas. Terutama soal koneksi internet satelit sebagai jalur utama atau untuk keperluan backup konektivitas yang ada. 

Internet satelit sangat cocok digunakan apabila daerah operasional bisnis belum terjangkau koneksi internet terestrial sama sekali. Selain itu, internet satelit juga dapat digunakan sebagai media cadangan untuk recovery ketika terjadi bencana alam yang mengakibatkan outage atau terputusnya koneksi internet.

Selain itu, apabila digunakan sebagai perangkat temporer atau sementara, perangkat internet satelit seperti contohnya Prima HTS memiliki keunggulan dari segi mobilisasi . Mengingat perangkatnya yang ringkas serta dapat dibongkar pasang sehingga dapat dipindahkan dari satu cabang ke cabang yang lainnya apabila diperlukan. 

Memiliki Ketersediaan Cakupan Layanan

Ketika memilih provider, penting untuk mengetahui terlebih dahulu apakah lokasi bisnis tersebut memang memiliki ketersediaan coverage. Apabila daerah tersebut berada di wilayah padat penduduk, tentunya kita tidak perlu khawatir dengan layanan internet karena tersedia berbagai macam opsi, seperti kabel DSL ataupun fiber optik.

Namun, ketika membuka bisnis di kawasan yang sama sekali tidak terjangkau layanan internet kabel, melakukan pengecekan ketersediaan layanan internet satelit adalah hal yang wajib dilakukan. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengecek kebutuhan di masa akan datang ketika bisnis berkembang. 

Selain cakupan layanan internet, ketersediaan cakupan layanan juga penting untuk mengetahui apakah provider tersebut memiliki mitra yang dapat menawarkan instalasi profesional serta dukungan yang berkelanjutan. 

Kecepatan dan Konektivitas yang Dapat Diandalkan

Kecepatan internet merupakan faktor krusial yang perlu dipertimbangkan ketika memilih penyedia layanan. Pilihlah provider yang menawarkan kecepatan internet dengan harga yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. 

Seiring dengan jangkauan dan ketersediaan, layanan tersebut juga perlu memiliki reliabilitas yang dapat diandalkan agar dapat melakukan berbagai operasi bisnis secara lancar. Pastikan memilih penyedia internet satelit yang memiliki reputasi dalam menyediakan koneksi yang stabil. 

Layanan Pelanggan yang Profesional

Terakhir, pastikan juga penyedia layanan yang dipilih memiliki layanan pelanggan yang responsif dan profesional. Layanan pelanggan yang baik akan membantu menangani masalah teknis dengan cepat dan efisien. Selain itu mereka juga dapat mereka juga dapat dihubungi dengan mudah baik itu via telepon, email, atau live chat.

Primacom Interbuana, Provider Internet Satelit Terpercaya Sejak 1991

#SahabatPrimacom, lantaran luas dan keunikan kondisi geografisnya, Indonesia hingga kini masih saja mengalami kesenjangan koneksi internet di berbagai wilayah. Bagi bisnis yang beroperasi di wilayah-wilayah tersebut, internet satelit dapat menjadi solusi untuk terus maju dan berkembang. Sehingga, memilih provider internet satelit yang tepat merupakan hal yang penting untuk mendapatkan akses internet yang optimal. 

Ada berbagai hal yang perlu dilakukan sebelum memilih provider internet satelit, di antaranya adalah menentukan kebutuhan, kecepatan, cakupan, dan reliabilitas dari layanan tersebut. Salah satu provider internet satelit yang berpengalaman adalah PT Primacom Interbuana (Primacom), yang telah memiliki layanan internet satelit berbasis Ka-Band, Ku-Band hingga C-Band untuk berbagai sektor Industri sejak tahun 1991. 

Segera dapatkan informasi selengkapnya dari konsultan kami dengan mengklik tombol WhatsApp atau kontak kami yang tersedia!

Similar Posts