4 Keunggulan Kymeta Hawk u8 untuk Konektivitas Industri Maritim

Perdagangan Maritim

image by Freepik

Industri maritim hingga kini memainkan peran yang sangat penting dalam konteks perekonomian global, baik itu dari sektor perikanan, logistik, bahkan pariwisata. Namun, potensi besar dalam industri maritim seringkali terkendala oleh masalah jaringan konektivitas. Di tengah mobilitas yang tinggi, sebagian besar industri maritim belum memiliki konektivitas yang andal untuk melakukan mobilitas di tengah laut. 

Menjawab permasalahan tersebut, Primacom memperkenalkan solusi konektivitas untuk mobilitas, yakni Kymeta Hawk u8. Solusi Kymeta Hawk u8 merupakan layanan komunikasi satelit yang perangkatnya ringkas, aerodinamis, serta mudah dipasang pada berbagai kendaraan, baik yang beroperasi di laut maupun di darat. Perangkat Kymeta Hawk u8 didesain khusus untuk mendukung konektivitas di segala medan dan cuaca. 

Apa saja keunggulan dari Kymeta Hawk u8? #SahabatPrimacom, yuk simak penjelasan lebih rinci di bawah ini! 

Baca juga: Primacom Disributor Antena Terbaru Kymeta

Luasnya Lautan Jadi Tantangan Konektivitas Maritim

Seperti yang #SahabatPrimacom ketahui, bumi yang kita tinggali ini sebagian besarnya didominasi oleh perairan. Bahkan Menurut National Geographic, lautan menyelimuti bumi hingga 71%, serta menampung sekitar 97% air di bumi.

Sementara dalam konteks dalam negeri, menurut KKP, dari 7,81 juta km2luas wilayah Indonesia, setidaknya sekitar 3,25 juta km2 merupakan lautan, 2,55 juta km2 adalah zona ekonomi eksklusif dan sisanya sekitar 2,01 juta km2 adalah daratan. 

Dari data tersebut, terlihat potensi industri maritim luar dan dalam negeri masih sangat menjanjikan. Potensi ini tentu dapat dioptimalkan dengan digitalisasi bisnis maritim. Melalui digitalisasi, sistem komunikasi antar kapal, sistem navigasi, pemantauan kargo real-time, hingga akses darurat dapat menjadi lebih efektif dan efisien.

Kymeta Hawk u8 menjadi solusi konektivitas untuk mendukung mobilitas industri maritim. Apalagi, dalam industri maritim yang kompetitif, efisiensi dan efektivitas yang optimal dapat menjadi salah satu kunci kesuksesan.

Keunggulan Kymeta Hawk u8 di Industri Maritim

Mobilitas (Mobile)

Kymeta memiliki bentuk antena datar (planar) yang terbuat dari meta material, sehingga bentuknya tampak ringkas dan compact. Dengan bentuk tersebut, Kymeta mudah dipasang pada berbagai macam platform, mulai dari mobil seukuran SUV hingga kapal pesiar. Perlu dicatat, beberepa antena maritim masih menggunakan antena parabolic yang bentuknya lebih bulky

Daya listrik kecil (Low Watt)

Untuk mendukung mobilitasnya, Kymeta dapat dioperasikan dengan listrik DC yang berdaya kecil. Berhubung daya listrik yang dibutuhkan kecil, maka Kymeta tidak membutuhkan generator listrik terpisah. Sumber listriknya dapat dibangkitkan secara mandiri oleh kendaraan.

Tangguh (Robust)

Sebagai komunikasi satelit yang mobile atau dikenal juga dengan Satellite on the move (SOTM) , Kymeta tentu perlu memiliki ketangguhan dalam menghadapi berbagai kondisi lingkungan. Oleh karenanya Kymeta sudah memiliki sersertifikasi  IP 66, perlindungan total/menyeluruh terhadap debu, kontak langsung, dan air bertekanan tinggi dari segala arah. Perangkat ini juga dilindungi lapisan reflektif, untuk mengurangi efek terpaan terik matahari.

Industri Maritim yang Didukung Kymeta Hawk u8

Commercial Fishing

Kymeta Hawk u8 memiliki solusi komunikasi yang kuat dan andal, berguna untuk menjaga konektivitas jaringan kapal pencari ikan, di lokasi paling terpencil sekalipun. Selain itu dapat berfungsi dengan penghasil sumber daya ringan seperti genset, atau pembangkit tenaga surya. 

Logistik Komersial

Kymeta Hawk u8 menawarkan konektivitas satelit yang kuat dan andal dengan mengintegrasikan dan meningkatkan infrastruktur jaringan yang tersedia di kapal. Armada logistik perusahaan nantinya tetap dapat dipantau di lautan terganas sekalipun. Mereka juga dapat mempertahankan jalur terbaik dan paling efisien tanpa kehilangan konektivitas.

Super Yacht

Kymeta Hawk u8 menawarkan solusi komunikasi yang ringkas dan tahan cuaca. Produk ini memiliki teknologi yang mudah diaplikasikan tanpa perlu berkunjung ke bengkel kapal atau dry dock. Bentuk antena yang ringkas dan datar juga membuatnya tidak mencolok sehingga dapat ditempatkan di atas dek kapal atau pada permukaan datar lainnya.

Baca juga: Primacom Hadiri Kymeta Summit di Bali

Luasnya lautan menyimpan potensi industri maritim yang besar. Kymeta Hawk u8 menjadi solusi konektivitas yang inovatif dan efektif dalam mengatasi tantangan konektivitas di lingkungan maritim. Apalagi di era digitalisasi, konektivitas yang andal menjadi kunci untuk mencapai potensi penuh industri maritim dan mendorong kemajuan yang berkelanjutan.

Kymeta Hawk u8, Solusi Konektivitas Industri Maritim 

 Apabila armada maritim #SahabatPrimacom membutuhkan konektivitas internet yang cepat dan dapat diandalkan di tengah lautan, Kymeta Hawk u8 dari Primacom tentu sangat cocok dengan kebutuhan tersebut. Klik di sini untuk konsultasi dan dapatkan penawaran menarik! 

 

Similar Posts