|

3 Keuntungan Menggunakan Teknologi VSAT SOTM 

Kebutuhan akan konektivitas yang andal kini terus meningkat, terutama di berbagai daerah yang belum terjangkau sinyal internet. Tidak hanya untuk kantor operasional, koneksi yang prima juga dibutuhkan dalam operasional bisnis yang memerlukan banyak mobilitas untuk berpindah-pindah lokasi. Selain itu, koneksi yang prima juga diperlukan dalam penanganan gawat darurat kebencanaan.  Pada situasi seperti ini, VSAT SOTM memiliki peran yang signifikan.

Teknologi Satellite On The Move (SOTM) menawarkan konektivitas tanpa batas yang dapat diaplikasikan pada berbagai jenis kendaraan, mulai dari angkutan darat, kapal, hingga pesawat terbang. 

Bagaimana teknologi ini bekerja? Lalu apa saja keunggulan teknologi VSAT SOTM secara umum? #SahabatPrimacom, mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga : Perkembangan Teknologi VSAT dari Waktu ke Waktu

Cara Kerja VSAT SOTM Secara Sederhana

Teknologi ini menggunakan antena VSAT yang dilengkapi dengan kemampuan pelacakan otomatis untuk mengikuti satelit yang berada di orbit geostasioner. Antena ini dirancang agar dapat mengatasi perubahan posisi dan orientasi kendaraan, sehingga mampu menjaga koneksi tanpa putus selama pergerakan.

Sistem VSAT on the move terdiri dari antena yang dapat bergerak secara otomatis untuk selalu mengarahkan sinyalnya ke satelit yang diinginkan. Selanjutnya, modem dan transceiver yang terintegrasi dalam terminal VSAT berfungsi untuk memodulasi dan demodulasi sinyal, mengubah data digital menjadi format yang sesuai untuk transmisi melalui saluran satelit.

Satellite on the move banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan, terutama untuk militer, pelayanan darurat kebencanaan, hingga untuk menunjang konektivitas bagi armada perusahaan. Setelah mengetahui cara kerjanya, mari kita simak beberapa keunggulan dari teknologi VSAT SOTM.

Keuntungan Menggunakan Teknologi VSAT SOTM 

Berikut ini adalah adalah beberapa keuntungan utama dari penggunaan teknologi VSAT on the move:

Konektivitas Selalu Aktif Ketika Bergerak

VSAT SOTM  memungkinkan koneksi internet atau jaringan tetap aktif bahkan ketika kendaraan atau platform sedang berpindah-pindah lokasi dengan kecepatan tinggi. Ini sangat penting bagi kendaraan darurat, kendaraan militer, hingga pesawat komersil, yang sangat memerlukan konektivitas yang stabil dan tanpa putus. 

Pelacakan Satelit Otomatis

Teknologi ini dilengkapi dengan sistem pelacakan otomatis yang memungkinkan antena untuk terus mengikuti satelit yang dibutuhkan. Ini memastikan bahwa sinyal tetap terfokus dan koneksi tetap stabil, bahkan ketika terdapat perubahan arah kendaraan.

Kualitas dalam Mobilitas Tinggi

VSAT SOTM memiliki kemampuan untuk memberikan konektivitas berkualitas tinggi pada kendaraan atau platform yang terus bergerak. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi operasional, komunikasi, dan akses informasi dalam situasi mobilitas tinggi, seperti dalam misi militer atau kendaraan layanan darurat.

Baca Juga : Satelit GEO, MEO, dan LEO, Apa Bedanya?

Ketahui Lebih Banyak tentang VSAT on The Move

VSAT on the Move (VSAT SOTM) adalah solusi komunikasi satelit yang memungkinkan kendaraan atau platform bergerak untuk tetap terhubung dengan jaringan satelit kapan pun dan di mana pun lokasinya

Apabila #SahabatPrimacom tertarik dengan teknologi ini, Primacom sebagai penyedia one-stop solution untuk layanan komunikasi, siap untuk menjawab berbagai pertanyaan tentang teknologi VSAT SOTM. Primacom  telah berpengalaman dalam teknologi VSAT selama lebih dari 32 tahun, sehingga dapat  memfasilitasi segala kebutuhan terkait teknologi komunikasi satelit.  

Segera hubungi tim Primacom di sini atau klik icon WhatsApp yang tersedia di bawah ini.

Similar Posts