Berat badan naik selama WFH? #SahabatPrimacom tidak sendirian. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh American Psychological Association (APA) terhadap lebih dari 3.000 warga Amerika Serikat, sebanyak 61% responden mengaku mengalami kenaikan berat badan selama masa pandemi.

 

 

 


Sumber Ilustrasi: Freepik.com

 

 

 

Sementara itu, jurnal Obesity Research & Clinical Practice mencatat bahwa selama pandemi, 91% dari 1.200 responden menyatakan bahwa mereka lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Kemudian, 22% di antaranya mengalami kenaikan berat badan rata-rata 2 - 4 kg.

 

Bagi kebanyakan orang, terlalu lama berdiam di rumah diiringi dengan meningkatnya kadar stres tubuh akan memicu pola hidup yang tidak sehat, seperti pola makan yang tidak terkontrol, minimnya aktivitas fisik, serta jam tidur tidak teratur. Kebiasaan inilah yang sebenarnya membuat berat badan jadi tak terkendali.

 

Jadi, apa yang harus dilakukan?

 
1. Batasi konsumsi GGL

Perhatikanlah jumlah konsumsi gula, garam, dan lemak (GGL) bagi tubuh. Dilansir dari Tirto, idealnya batas konsumsi gula harian sebesar 50 gram atau setara 4 sendok makan, garam 5 gram atau setara 1 sendok teh, dan lemak 67 gram atau setara 5 sendok makan.

 

Gula berlebih pada tubuh akan meningkatkan risiko diabetes. Sementara itu, peningkatan konsumsi garam dapat berujung pada peningkatan tekanan darah. Lebih lanjut, lemak yang terlalu banyak berada dalam tubuh akan menimbulkan obesitas dan memicu penyakit jantung.

 

Daripada mengonsumsi camilan di sela-sela jam makan siang dan jam makan malam, perbanyaklah asupan buah-buahan dan air putih.

 
2. Lakukan aktivitas fisik

Menurut situs Kementerian Kesehatan RI, kurang gerak akan menurunkan imunitas tubuh. Dalam konteks ini, kurang gerak membuat kalori yang menumpuk dalam tubuh tidak dapat terbakar. Akibatnya, kenaikan berat badan jadi tak terelakkan.

 

Olahraga dengan intensitas sedang sangat direkomendasikan untuk membakar kalori dan membuat tubuh tetap bugar, misalnya seperti berjalan kaki, jogging, atau bersepeda. Hindari aktivitas fisik dengan intensitas tinggi karena justru sangat riskan selama masa pandemi.

 

Baca 3 Tip Ini Buat Jalan Kaki Lebih Seru!

 

3. Tidur yang cukup

Manusia bukan robot. Oleh karena itu, penting untuk memberi jeda antara satu pekerjaan dengan pekerjaan yang lain. Selain itu, #SahabatPrimacom dapat memanfaatkan 10-15 menit untuk memejamkan mata pada saat jam istirahat kantor.

 

Yang tidak kalah penting, pastikan #SahabatPrimacom sudah memiliki waktu tidur yang cukup, yakni 7-9 jam sehari. Sebab, menurut artikel yang dirilis Halodoc, orang yang kurang tidur cenderung memproduksi lebih banyak hormon ghrelin yang dapat meningkatkan nafsu makan.

 

 

 

Coba deh terapkan 3 hal di atas. Apabila dilakukan dengan konsisten, #SahabatPrimacom pasti dapat mengontrol berat badan supaya tidak naik terus-terusan selama masa WFH.