Tak Bisa Mudik Lebaran? Ini 3 Tips untuk Jaga Silaturahmi dengan Keluarga

Pulang kampung atau mudik merupakan salah satu tradisi khas masyarakat Indonesia tiap menyambut Lebaran. Mudik dilakukan untuk menjalin silaturahmi sekaligus merayakan datangnya Hari Kemenangan bersama keluarga di kampung halaman. 

Tiap tahunnya, jumlah pemudik dapat menyentuh angka jutaan jiwa. Dilansir dari Kompas, pada 2023 misalnya, jumlah pemudik diestimasikan mencapai 134 juta jiwa dan diprediksi akan mengalami lonjakan pada 2024. 

Keluarga video call saat mudik lebaran

Namun, di tengah euforia mudik menyambut Lebaran, ada sebagian orang yang tidak dapat melakukan mudik karena alasan pekerjaan. Mereka biasanya memiliki tanggung jawab pekerjaan yang berdampak signifikan, baik untuk perusahaan maupun masyarakat, seperti petugas keamanan, tenaga kesehatan, pusat pelaporan, layanan pelanggan, dan sebagainya. 

Apabila #SahabatPrimacom termasuk yang tidak dapat melakukan mudik, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan guna menjaga ikatan silaturahmi. Berikut adalah 3 tips yang dapat #SahabatPrimacom lakukan!

  1. Lakukan video call

Manfaatkan teknologi untuk tetap terhubung dengan keluarga di kampung halaman. Aplikasi seperti WhatsApp, Zoom, Google Meet, atau Skype dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan lebih interaktif dengan keluarga, termasuk untuk saling mengucapkan selamat dan berbagi cerita. 

  1. Kirimkan hampers

Mengirimkan hampers kepada keluarga di kampung halaman saat tidak dapat melakukan mudik adalah salah satu cara untuk tetap memupuk komunikasi. Hampers tidak hanya menjadi simbol perhatian, tetapi juga memberi kebahagiaan bagi pihak penerima. Jangan lupa untuk sertakan pesan pribadi pada hampers yang akan #SahabatPrimacom kirimkan. 

  1. Transfer THR

Setiap menjelang Lebaran, setiap karyawan akan menerima tunjangan hari raya atau THR. Biasanya, THR akan dialokasikan untuk beberapa kebutuhan, termasuk untuk dibagikan kepada orang tua atau sanak saudara di kampung halaman. Apabila tidak dapat memberikan THR secara langsung, #SahabatPrimacom dapat melakukan transfer melalui bank atau aplikasi dompet digital yang lebih praktis. THR yang diterima oleh keluarga dapat digunakan untuk mendukung keperluan Lebaran, seperti menyajikan hidangan dan sebagainya. 

Guna mendukung ketiga hal di atas, perusahaan perlu menyediakan infrastruktur komunikasi yang andal. Misalnya, perusahaan dapat membangun akses Wi-Fi di mess karyawan atau koperasi agar dapat mempermudah karyawan yang ingin menghubungi keluarga atau mengirimkan THR melalui aplikasi perbankan. 

Primacom dapat membangun infrastruktur komunikasi perusahaan untuk menunjang operasional di berbagai sektor industri. Klik di sini untuk konsultasi lebih lanjut dan dapatkan penawaran menarik dari Primacom!  

Similar Posts