Beberapa sektor bisnis beroperasi jauh dari pusat kota, misalnya seperti pertambangan, minyak dan gas, perkebunan, dan lain sebagainya. Letaknya yang sulit dijangkau oleh jaringan seluler dan terestrial membuat akses komunikasi sangat terbatas. Hal ini dapat mengganggu efisiensi bisnis dan menurunkan produktivitas kerja.

 

 

 

 

 

 

Untuk mengatasi kendala tersebut, dibutuhkan infrastruktur komunikasi yang mampu bekerja secara optimal meskipun di lokasi terpencil. Komunikasi satelit menjadi solusi yang tepat untuk menunjang konektivitas di lokasi operasional bisnis. Lantas, bagaimana cara memilih komunikasi satelit yang performanya prima?

 
1. Sesuaikan dengan Karakteristik Sektor Bisnis

Karakteristik setiap sektor bisnis berbeda-beda. Oleh karena itu, penting untuk memetakan terlebih dahulu karakteristik sektor bisnis Anda, misalnya jenis data apa yang paling sering dikirim serta seberapa intens penggunaannya. Ada sektor bisnis yang lebih banyak melakukan unggah dan unduh dokumen berbentuk teks, namun ada pula yang lebih sering berjibaku dengan dokumen berbentuk grafis dan video. Selain itu, ada  sektor bisnis yang harus beroperasi 24 jam nonstop, tapi ada pula yang tidak. Kebutuhan tersebut akan memengaruhi jenis layanan apa yang paling cocok bagi bisnis Anda.

 
2. Pahami Kebutuhan Bandwidth

Secara umum, ada dua jenis bandwidth yang dapat menunjang konektivitas bisnis, yakni broadband dan dedicated. Layanan broadband lebih ekonomis karena memiliki fitur bandwidth sharing. Sementara itu, layanan dedicated lebih eksklusif karena bandwidth dapat dinikmati secara utuh. Anda perlu menentukan jenis bandwidth mana yang paling sesuai dengan operasional di lapangan.

 
3. Pilih Layanan dengan After Sales Service Profesional

Salah satu aspek terpenting yang tidak boleh diabaikan adalah memilih layanan dengan after sales service yang profesional. Apabila sewaktu-waktu terjadi kendala di lapangan, penyedia layanan harus siap sedia membantu dan menangani kendala hingga tuntas. Oleh karena itu, pilihlah penyedia layanan yang terpercaya supaya tidak menjadi kendala di kemudian hari.

 

 

 

 

 

 

 

Layanan komunikasi satelit PrimaSmart, PrimaLink, dan PrimaLink+ dari Primacom dapat menjawab kebutuhan Anda. Dengan berbagai pilihan bandwidth dan fitur yang dapat menyesuaikan kebutuhan di lapangan, layanan Primacom sangat fleksibel dan mampu mengefisiensi operasional bisnis.

 

Selain itu, layanan Primacom telah dipercaya oleh ratusan pelanggan dari berbagai sektor industri serta didukung oleh tim teknis yang profesional dengan layanan Call Center 24/7 yang responsif.

 

Konsultasi dan ketahui layanan komunikasi satelit yang paling tepat bagi bisnis Anda di sini!