Primacom.com – 29/05/2020

 

Tidak terasa sudah 2 bulan kita melewati masa karantina dengan bekerja di rumah masing-masing (Work from Home). Bagi sebagian orang, masa ini kerap membuat diri merasakan kesepian yang berujung pada stres. Jika tidak dikenali dari awal dan dikelola dengan baik, maka hal ini akan membawa dampak tidak baik seperti mengurangi produktivitas kerja hingga penurunan kualitas hidup.

 

 

Source: pinterest.com


Source : pinterest.com

 

 

Berikut ini beberapa tips untuk mengelola stres yang baik untuk pola hidup sehat yang dibagikan oleh Psikolog Astrid WEN, M. Psi:

 

 

1. Menjaga komunikasi dengan orang lain

Dengan perkembangan teknologi dan internet, berbicara atau ngobrol dengan orang lain sudah tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu.  Mulai dari telepon, chat, video call, dan tentunya tidak kalah penting juga untuk berdoa kepada Tuhan. "Berdoa juga kan sebenarnya ngobrol, tapi dengan Tuhan. Yang penting kita berkomunikasi dan bersuara kepada orang di luar diri kita," katanya.

 

2. Mengubah pola pikir

Perlu adanya perubahan pola pikir bahwa sendiri itu tidak apa-apa. Situasi dan kondisi berat bagi semua orang, khususnya bagi para ekstrovert yang terbiasa berbaur dengan orang lain dan senang pada keramaian. "Sendiri itu enggak apa-apa dan punya rasa sepi enggak apa-apa, itu wajar," tutur Astrid.

 

3. Kamu tidak sendiri

Kamu harus mengingat bahwa situasi yang terjadi saat ini tidak hanya dialami kamu sendiri tetapi juga dialami oleh orang lain.

 

4. Kelola stres

Pada situasi seperti ini stres adalah kondisi yang wajar. Namun, kita perlu mengelolanya. Tubuh kita akan terpacu untuk bekerja lebih keras ketika kita berusaha menghindari stres secara berlebihan. Ketika stres, banyak fungsi dari tubuh kita yang terganggu dan membuat daya tahan tubuh kita menurun. Sebagai contoh, seseorang jadi malas makan, melewatkan aktivitas olahraga, tidak menyempatkan diri untuk berjemur, dan lainnya. Maka, jika merasa sudah membutuhkan bantuan, carilah pertolongan dari para ahli.

 

 

Jadi, jika merasa kesepian atau stres, jangan disangkal namun mari kita hadapi bersama. Bagikan cerita keseharianmu beraktivitas di rumah melalui media sosial atau video call. Jadikan momen ini masa "inkubasi" untuk merefleksikan diri dan menghasilkan ide-ide baru yang lebih baik. Pastikan koneksi internetmu tetap prima dan mari semakin produktif di rumah, Partners!

 

 

Sumber:
Kompas.com "Stres karena Kesepian di Masa Pandemi, Harus Bagaimana?"

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/06/150647720/stres-karena-kesepian-di-masa-pandemi-harus-bagaimana?page=2