Ukuran data yang terlalu besar seringkali menjadi penghambat dalam proses pengiriman berkas digital. Sebab, semakin besar ukuran suatu file, semakin lama pula proses pengirimannya sehingga tarif internet yang terpakai pun akan semakin membengkak. Belum lagi, ukuran file yang terlalu besar juga akan memakan banyak ruang penyimpanan. Dalam konteks operasional bisnis, hal ini sangat tidak efektif karena menguras waktu, tenaga, dan biaya.

 

 

 


Sumber Ilustrasi: Freepik.com

 

 

 

 

Untuk mengatasi hal tersebut, kompresi data dapat dilakukan. Menurut situs BAKTI Kominfo, kompresi data merujuk pada proses memampatkan data sehingga ukurannya menjadi lebih kecil. Proses ini dapat diterapkan pada dokumen, gambar, audio, dan video sehingga saat akan dikirimkan, prosesnya menjadi lebih cepat.

 

Dalam hal operasional bisnis, apa saja manfaat kompresi data yang dapat #SahabatPrimacom rasakan?

 
1. Efisiensi Waktu dan Biaya

File yang sudah dikompresi membuat #SahabatPrimacom tidak perlu menghabiskan waktu yang terlalu lama saat akan mengunggah dan mengunduh. Selain itu, #SahabatPrimacom dapat meminimalisasi penggunaan bandwidth internet karena proses pengiriman file jauh lebih cepat. Artinya, tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga akan menghemat biaya.

 
2. Optimalisasi Ruang Penyimpanan

Semakin kecil ukuran suatu file, semakin kecil pula ruang penyimpanan yang dibutuhkan. Oleh karena itu, file berukuran besar yang sudah dikecilkan dapat membuat ruang penyimpanan lebih optimal. Namun, #SahabatPrimacom juga harus cermat. Jangan sampai kompresi malah mengganggu kualitas file.

 
3. Keamanan Data Terjamin

Manfaat yang tidak kalah penting dari kompresi file adalah tersedianya fitur enkripsi. Artinya, hanya pengirim dan penerima file saja yang mampu mengakses dan melihat isi file. #SahabatPrimacom harus memastikan layanan kompresi file yang dipilih memiliki fitur enkripsi ini.

 

 

Itulah tiga manfaat kompresi data bagi operasional bisnis. #SahabatPrimacom juga dapat menikmati manfaat ini melalui produk terbaru yang akan segera diluncurkan Primacom dalam waktu dekat ini. Jadi, nantikan informasi lebih lanjut hanya di situs web dan media sosial Primacom, ya!