| |

Direktur Primacom Jadi Narasumber di 1st Anniversary CommIT Bandung

Direktur Primacom Domy K. Santoso saat menyampaikan materi dalam
1st Anniversary CommIT pada Sabtu (24/8) di Hotel Inn Bandung.

Direktur PT Primacom Interbuana (Primacom) Domy K. Santoso menjadi narasumber dalam perayaan 1st Anniversary CommIT pada Sabtu (24/8) di Holiday Inn Bandung. CommIT merupakan asosiasi pegiat IT dari berbagai latar belakang, seperti tenaga IT perhotelan, pemerintahan, rumah sakit, hingga pendidikan. Dihadiri oleh seluruh anggota CommIT, perayaan ulang tahun pertama ini menjadi sarana menjalin silaturahmi sekaligus menambah wawasan mengenai perkembangan dunia teknologi.

Dalam sesi penyampaian materinya, Domy membahas mengenai pentingnya internet khusus bisnis untuk mendukung operasional industri. Salah satu layanan internet khusus bisnis adalah PRIMALINKnet, yang menghadirkan layanan Bisnis Pro untuk internet dedicated serta layanan Bisnis Lite untuk internet broadband. Selain itu, PRIMALINKnet juga memiliki layanan Bisnis DataCom untuk komunikasi data yang eksklusif serta dilengkapi dengan berbagai layanan Managed Services yang dapat menyesuaikan kebutuhan.

“Namun, di tengah era digitalisasi seperti sekarang, memiliki koneksi internet yang andal saja tidak cukup. Zaman yang semakin berkembang membuat kebutuhan pelanggan semakin berkembang, termasuk soal pengelolaan dan penyimpanan data digital secara profesional,” sebut Domy, merujuk pada judul materinya, yakni “Beyond Internet Connectivity”.

Primacom sebagai perusahaan induk PRIMALINKnet juga menyediakan layanan Primacom Data Center yang berstandar internasional Rated-3 serta layanan Primacom Cloud yang aman dan fleksibel untuk mendukung digitalisasi bisnis. Di saat AI menjadi perbincangan hangat seperti sekarang, Primacom juga meluncurkan layanan smart surveillance berbasis AI yang dapat diintegrasikan ke CCTV perusahaan untuk mendeteksi anomali atau kecelakaan kerja serta secara otomatis melaporkannya ke sistem perusahaan.

Direktur Primacom Domy K. Santoso saat menyampaikan materi dalam 1st Anniversary CommIT pada Sabtu (24/8) di Hotel Inn Bandung.

“Layanan internet perusahaan perlu dilengkapi dengan berbagai solusi inovatif lainnya yang dapat membantu efisiensi operasional bisnis dan meningkatkan produktivitas pekerja,” imbuh Domy.

Namun, Domy menyadari bahwa masih banyak daerah-daerah yang belum dapat dijangkau sepenuhnya oleh fiber optik sehingga belum dapat merasakan koneksi internet yang prima serta belum mampu menerapkan berbagai solusi digital. Itu sebabnya, bagi bisnis yang beroperasi di daerah yang belum terjangkau fiber optik, internet satelit dapat menjadi salah satu opsi yang patut dipertimbangkan.

Pada kesempatan tersebut, Domy juga memperkenalkan layanan PrimaStar (Starlink for Business). Layanan PrimaStar merupakan layanan internet satelit yang Primacom hadirkan bagi pelanggan setelah ditunjuk menjadi authorized reseller oleh Starlink yang berpusat di Amerika Serikat. Starlink merevolusi teknologi komunikasi satelit yang selama ini identik dengan antena parabola berukuran besar.

Antena Starlink mudah dibawa dan dipasang di berbagai daerah, termasuk kawasan ekstrem dan sulit dijangkau. Menggunakan konstelasi satelit LEO yang jaraknya sangat dekat dengan bumi, Starlink dapat memberikan jaringan berkualitas dengan latensi rendah. Latensi merupakan jeda waktu pertukaran data dari satu titik ke titik lainnya. Pada layanan Starlink berbasis LEO, latensinya hanya ± 50 millisecond. Sebagai perbandingan, pada antena satelit berbasis GEO, latensinya dapat mencapai ± 600 millisecond.

Selain berbagi wawasan mengenai perkembangan teknologi komunikasi, Primacom sebagai induk perusahaan PRIMALINKnet juga turut menyukseskan perayaan 1st Anniversary CommIT melalui booth pameran. Peserta yang tertarik dengan layanan Primacom dapat langsung melakukan konsultasi lebih lanjut dengan tim profesional yang siap sedia.

Ketua CommIT Bandung Saksono Braja saat mengunjungi booth PRIMALINKnet.

Merespons partisipasi Primacom dalam menyukseskan acara, Ketua CommIT Bandung Saksono Braja menyampaikan apresiasi yang mendalam. Ia mengatakan Primacom memiliki semangat yang sama untuk mewujudkan tujuan acara, yakni sebagai ajang silaturahmi dan berbagi wawasan.

“Terima kasih atas dukungan dan partisipasi PRIMALINKnet dan Primacom pada perayaan 1st Anniversary CommIT! Semoga kita sukses dan maju terus,” sebut Saksono.

Acara ditutup dengan pembagian doorprize dan foto bersama. Harapannya, melalui acara ini, anggota CommIT menjadi semakin solid dan up-to-date dengan perkembangan teknologi.

Similar Posts