Internet sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi masyarakat. Mulai dari belajar, bekerja, melakukan transaksi, hingga memesan makanan dan transportasi, semua dapat lebih mudah dilakukan menggunakan internet. Namun, dalam kondisi tertentu, koneksi internet seringkali tidak stabil sehingga mengakibatkan pengalaman berinternet jadi terganggu karena lemot. #SahabatPrimacom pernah mengalami kondisi ini?

 

 

 


Ilustrasi Koneksi Ponsel
Sumber: Freepik.com

 

 

 

Faktanya, stabil atau tidak koneksi internet bukan hanya berhubungan erat dengan kualitas layanan operator yang dipilih. Faktor-faktor lainnya seperti perangkat dan sistem ponsel juga dapat berpengaruh, lho!

 

Apabila mengalami saat-saat internet sedang tidak stabil, jangan panik dan khawatir. Ada beberapa langkah yang dapat #SahabatPrimacom lakukan untuk menstabilkan kembali koneksi internet di ponsel. Apa saja langkah-langkah tersebut?

 

DIlansir dari Teknologi.id, berikut adalah 4 hal yang dapat #SahabatPrimacom lakukan agar koneksi internet stabil kembali.

 
1. Matikan dan Nyalakan Kembali

Cara termudah yang dapat #SahabatPrimacom lakukan pertama kali adalah mematikan ponsel lalu menyalakannya kembali. Dalam beberapa kasus, acapkali penyebab gangguan koneksi sering kali terjadi mendadak tanpa pemicu yang jelas. Mematikan dan menyalakan kembali ponsel dapat membuat sistem operasi bekerja dalam kondisi “bersih” dari aplikasi yang membuat sistem overload.

 
2. Pindah Lokasi

Pada beberapa lokasi tertentu, jaringan internet bisa saja lebih buruk karena adanya hambatan yang dapat menurunkan kualitas internet. Segera pindah ke lokasi berbeda yang tidak terdapat banyak halangan agar koneksi ponsel menjadi lebih lancar.

 
3. Nonaktifkan Data Saver

Mode data saver memang sangat membantu apabila #SahabatPrimacom ingin menghemat penggunaan kuota internet. Hanya saja, mode ini dapat menghambat jaringan ponsel. Jika menginginkan koneksi internet yang lebih cepat, coba nonaktifkan mode ini melalui menu pengaturan di ponsel #SahabatPrimacom.

 
4. Hapus Cache Browser

Semakin sering seseorang menggunakan internet, cache di browser akan semakin menumpuk. Hal ini dapat membuat koneksi internet melambat. Sebenarnya, cache sendiri merupakan jejak situs internet yang pernah #SahabatPrimacom kunjungi. Karena tidak begitu penting, rutinlah menghapus cache agar internet semakin optimal.

 

 

 

Itulah beberapa langkah untuk mengatasi koneksi internet lemot. #SahabatPrimacom sudah pernah mencoba keempat langkah tersebut? Semoga dapat membantu, ya!