Dibandingkan air hangat, segelas air dingin memang tampak lebih menyegarkan. Bayangkan saja, di saat cuaca sedang terik, #SahabatPrimacom disuguhi segelas air dingin yang dikeluarkan langsung dari kulkas. Bagi sebagian orang, rasanya tentu akan sangat nikmat!

 

 

 


Sumber Gambar: Freepik.com

 

 

 

Akan tetapi, kesegaran yang diberikan air dingin belum apa-apanya apabila disandingkan dengan manfaat air hangat. Beberapa penelitian berhasil menunjukkan manfaat air hangat apabila rutin dikonsumsi bagi tubuh. Misalnya, seperti yang dilansir dari Klik Dokter, air hangat sangat baik bagi sistem pencernaan, terutama usus.

 

Selain itu, menurut Healthline, air hangat juga sangat direkomendasikan untuk merilekskan tubuh dan meredakan hidung tersumbat. Apabila belum terbiasa minum air hangat, 3 fakta seputar air hangat di bawah ini barangkali akan membuat #SahabatPrimacom tertarik untuk membiasakan diri mengonsumsi air hangat dibanding air dingin.

 

 

1. Membersihkan Pencernaan

Segelas air hangat di pagi hari dapat membantu #SahabatPrimacom membersihkan saluran pencernaan. Dibandingkan air dingin, kemampuan air hangat untuk memecah makanan lebih cepat sehingga dapat lebih mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, air hangat mampu membuat pergerakan lambung dan usus menjadi lebih baik sehingga meminimalisasi masalah sembelit. Sementara itu, air dingin justru dapat mengeraskan minyak yang berasal dari makanan sehingga menjadi timbunan lemak di usus.

 
2. Meredakan Hidung Tersumbat

Apabila #SahabatPrimacom mengalami hidung tersumbat, cobalah untuk menghirup uap dari segelas air hangat. Uap ini dapat membantu meredakan hidung yang tersumbat hingga meringankan sakit kepala akibat penyumbatan hidung. Suhu air yang hangat juga mampu menghangatkan area hidung dan tenggorokan yang sakit karena adanya penumpukan lendir.

 
3. Merilekskan Tubuh

Faktanya, air hangat dapat membantu melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Aliran darah yang lancar dapat merilekskan tubuh dan meringankan rasa cemas atau stres. Selain itu, sensasi hangat juga dapat mempersiapkan #SahabatPrimacom untuk tidur lebih nyenyak.

 

 

 

Akan tetapi, ketiga manfaat tersebut tidak terjadi secara instan. #SahabatPrimacom perlu menjadikan kebiasaan minum air hangat sebagai rutinitas sehari-hari. Awali setiap pagi dengan setidaknya satu gelas air hangat. Selain itu, pastikan suhu air hangat tidak terlalu panas agar tidak melukai organ mulut.

 

Kiranya artikel ini dapat menginspirasi #SahabatPrimacom untuk tetap sehat dan produktif! Ayo, biasakan rutinitas hidup sehat dari sekarang.