www.primacom.com - 27/12/2022

 

Memasuki akhir tahun, liburan bersama keluarga atau sahabat tentu merupakan aktivitas yang menyenangkan. Terlebih lagi, pemerintah telah melonggarkan sejumlah pembatasan menyusul angka penyebaran COVID-19 yang sudah lebih terkendali. Berbagai destinasi wisata di dalam dan di luar negeri pun telah dibuka kembali dengan penyesuaian dan penerapan protokol kesehatan.

 

Sumber ilustrasi: https://img.freepik.com/free-photo/couple-family-traveling-together_1150-7772.jpg?w=996&t=st=1667358777~exp=1667359377~hmac=1db0c89051692b3322c52c71adbe9095b900b0058fa1c74405d71f5e19aafbf2

 

Kendati demikian, dalam perencanaan liburan masyarakat perlu lebih cermat. Tentu kita tidak ingin senang-senang saat liburan tetapi selesai liburan malah tidak tenang. 

 

Bagi #SahabatPrimacom yang sudah punya rencana liburan akhir tahun, berikut adalah 3 tips cermat yang dilansir dari Kompas.com agar kantong tetap aman sepulang liburan. 

 

Alokasikan anggaran 

Idealnya, dana untuk liburan telah disiapkan secara khusus dari jauh-jauh hari. #SahabatPrimacom sangat dianjurkan membuat pos tabungan tersendiri untuk liburan supaya tidak tercampur dengan pos keuangan lainnya. Hal ini bertujuan mengantisipasi terpakainya alokasi dana bagi kebutuhan lainnya yang jauh lebih penting. 

 

Susun itinerary

Dari alokasi dana yang sudah ada, #SahabatPrimacom jadi lebih mudah untuk menyusun itinerary atau rencana perjalanan. Ingat, tidak semua destinasi wisata perlu dikunjungi. Tentukan prioritas destinasi yang diinginkan supaya lebih efisien dari segi waktu dan biaya. Tidak ada salahnya juga mencari promo penginapan ataupun tiket perjalanan sehingga meringankan pengeluaran selama berlibur. 

 

Catat pengeluaran  

Mencatat pengeluaran sekecil apa pun selama berlibur sangat penting untuk membantu #SahabatPrimacom mengatur alokasi dana. #SahabatPrimacom dapat mencatat pengeluaran di ponsel ataupun buku catatan kecil supaya dapat dengan mudah diperbarui setiap saat. 

 

Itulah 3 tips cermat yang dapat diterapkan #SahabatPrimacom jika ingin merencanakan liburan akhir tahun. Dengan perencanaan yang tepat, liburan senang dan dompet pun tenang!