Primacom.com - 29/07/2022

 

 

 

Proses transmisi data merupakan bagian dari operasional bisnis perusahaan. Aktivitas ini sangat penting dilakukan, terutama oleh perusahaan yang memiliki kantor cabang di berbagai daerah. Selain laporan bisnis, salah satu jenis data yang sering ditransmisikan adalah rekaman CCTV.

 

 

 


Sumber ilustrasi: Freepik.com

 

 

 

 

Dalam penerapannya, perusahaan acapkali menghadapi beberapa kendala yang berkenaan dengan proses transmisi data. Sebagai contoh, data yang ukurannya terlalu besar membuat proses pengirimannya sangat lama. Selain itu, bandwidth yang dibutuhkan pun tidak sedikit. Hal ini membuat prosesnya sangat tidak efisien secara bisnis.

 

Kompresi data dapat dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut. Prinsipnya, kompresi data adalah teknik untuk mengurangi jumlah bit yang digunakan untuk menyimpan atau mentransmisi data. Proses ini dikenal pula sebagai proses memampatkan data untuk mendapatkan ukuran data yang lebih kecil.

 

Selain memperoleh ukuran data yang lebih kecil, perusahaan dapat merasakan beberapa manfaat lainnya dari proses kompresi data. Apa saja manfaat yang dapat dirasakan? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

 
Menghemat Biaya Operasional

Semakin besar ukuran data yang akan ditransmisikan, semakin besar pula bandwidth yang dibutuhkan. Dengan mengompres data, bandwidth yang terpakai menjadi lebih efisien. Jadi, biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk pengadaan bandwidth akan lebih hemat.

 
Memangkas Durasi Pengiriman

Kompresi membuat ukuran data menjadi berkali-kali lipat lebih kecil. Secara otomatis, durasi yang dibutuhkan untuk transmisi data pun menjadi jauh lebih efektif.

 
Mengoptimalkan Ruang Penyimpanan

Dengan ukuran data yang lebih kecil, storage atau ruang penyimpanannya dapat menjadi lebih optimal. Artinya, perusahaan tidak perlu berinvestasi untuk membeli ruang penyimpanan yang terlalu besar.

 

 

Salah satu teknologi penyimpanan data yang dapat digunakan adalah PrimaX. Dengan teknologi eye lossless, PrimaX mampu mengompresi berbagai jenis data multimedia hingga 99% tanpa mengurangi kualitasnya. Selain itu, PrimaX dapat diintegrasikan dengan CCTV di berbagai situs perusahaan atau kantor cabang sehingga pengguna dapat mengakses tayangan CCTV secara real-time melalui satu platform terintegrasi.

 

Ingin konsultasi lebih lanjut mengenai PrimaX serta bagaimana teknologi ini mengefisiensi operasional bisnis #SahabatPriamacom? Klik di sini!