|

3 Contoh Implementasi Smart City di Indonesia

Penerapan konsep smart city di Indonesia semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan untuk menciptakan kota yang lebih efisien, nyaman, dan berkelanjutan. Dilansir dari Kominfo, konsep smart city merujuk pada pengembangan dan pengelolaan kota dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk menghubungkan, memonitor, dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada di dalam kota dengan lebih efektif dan efisien untuk memaksimalkan pelayanan kepada warganya serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Penerapan konsep smart city juga menjadi bagian dari rencana pemerintah dalam program “Gerakan Menuju 100 Smart City” yang diperkenalkan pada 2017 oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika guna merespons isu urbanisasi. Program ini berupaya menghadirkan 100 smart city di Indonesia melalui enam pilar utama yang menjadi dasar pelaksanaan program pengembangannya, yaitu smart governance (pemerintahan cerdas), smart mobility (mobilitas cerdas), smart economy (ekonomi cerdas), smart living (penghidupan cerdas), smart people (masyarakat cerdas), dan smart environment (lingkungan cerdas).

Di Indonesia, terdapat beberapa kota yang telah mengadopsi konsep smart city. Tidak hanya dari aspek penerapan teknologi, kota dengan konsep smart city ini juga menerapkan aksesibilitas dan kemudahan warganya dalam menjangkau dan melakukan banyak hal. Berikut ini adalah tiga contoh implementasi smart city di Indonesia yang perlu #SahabatPrimacom ketahui!

  1. Jakarta Smart City

Jakarta telah mengambil langkah signifikan dalam penerapan konsep smart city. Jakarta Smart City adalah inisiatif pemerintah DKI Jakarta untuk memanfaatkan teknologi dalam mengelola kota dengan lebih baik. Beberapa turunan dari Jakarta Smart City meliputi transportasi publik yang terpadu, pelaporan masalah warga secara digital, hingga tersedianya pangkalan data terbuka yang dapat diakses oleh publik, seperti data harga pangan, informasi status pembayaran pajak, hingga lokasi titik Wi-Fi. 

2. Surabaya Smart City

Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia, juga telah menerapkan berbagai solusi smart city guna meningkatkan kualitas pelayanan publik dan kehidupan masyarakatnya. Beberapa inisiatif penting di Surabaya Smart City, antara lain pengajuan perizinan dan pengurusan dokumen penting secara online untuk memangkas birokrasi, pengaduan gawat darurat yang terintegrasi, hingga layanan kesehatan berbasis teknologi digital. 

3. Bandung Smart City

Bandung juga telah memanfaatkan teknologi untuk menjadi smart city. Implementasi smart city di Bandung terwujud melalui tersedianya pusat kendali untuk memantau berbagai aspek kota, mulai dari lalu lintas, keamanan, dan pelayanan publik secara real-time. Selain itu, tersedia pula kanal pengaduan warga secara digital serta sistem pemerintahan berbasis aplikasi, seperti e-budgeting, e-planning, dsb. 

Implementasi smart city di ketiga kota ini menunjukkan bagaimana teknologi dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, mengefisiensi pelayanan publik, serta mengundang partisipasi warga dalam pembangunan kota. Keberhasilan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi kota-kota lain di Indonesia untuk mengembangkan smart city yang berkelanjutan dan inklusif.

Primacom dapat membantu implementasi smart city melalui solusi konektivitas dan layanan pendukung digitalisasi, seperti komunikasi satelit, komunikasi terestrial, cloud, data center, IoT, smart surveillance, dsb. Hubungi tim Primacom di sini untuk konsultasi lebih lanjut mengenai berbagai solusi dari Primacom!

Similar Posts