Tahukah #SahabatPrimacom kalau intensitas menatap layar elektronik meningkat pada masa Work From Home (WFH)? Kondisi ini dapat memicu sindrom penglihatan komputer

 

 

 


Ilustrasi mata lelah selama bekerja dari rumah.

 

 

 

Menurut The American Optometric Association, sindrom ini merupakan kumpulan gejala yang berhubungan dengan mata, misalnya mata terasa gatal, mata kemerahan, penglihatan kabur, nyeri leher dan bahu, hingga menyebabkan sakit kepala. 

 

Untuk mengatasi kondisi tersebut, kesehatan mata harus dijaga. Berikut adalah beberapa cara yang dapat #SahabatPrimacom lakukan. 

 
1. Perbaiki Posisi Duduk

Letak layar harus tepat berada di bawah garis pandang alami agar mata tidak cepat kering. Selain itu, jangan duduk membungkuk sebab akan membatasi aliran darah ke mata. 

 
2. Atur Pencahayaan

Cahaya di ruang kerja dan cahaya dari layar komputer tidak boleh terlalu terang dan tidak boleh terlalu redup karena akan membuat mata cepat lelah dan mengakibatkan sakit kepala.  

 
3. Perbesar Tampilan Layar 

Apabila ukuran tulisan di layar terlalu kecil, #SahabatPrimacom akan mengeluarkan upaya ekstra untuk menatap layar, termasuk mendekatkan kepala ke layar dan menyipitkan mata untuk membaca lebih jelas. Oleh karena itu, perbesarlah tampilan layar sesuai kebutuhan. 

 
4. Pakai Metode 20-20-20

Sejumlah ahli kesehatan merekomendasikan metode ini, yakni setiap 20 menit alihkan pandangan ke objek lain yang berjarak 20 kaki selama 20 detik. Bila memungkinkan, beranjaklah dari tempat duduk selama beberapa detik supaya meminimalisasi kelelahan mata. 

 
5. Hindari Blue Light 

Cahaya komputer atau laptop mengandung konsentrasi blue light yang lebih sulit disaring mata. Apabila terpapar terlalu lama, kondisi ini dapat berpengaruh pada kualitas tidur. Oleh karena itu, pakailah kacamata penangkal blue light apabila memungkinkan. 

 

 

 

Nah, itu dia tips yang dapat #SahabatPrimacom terapkan untuk menghindari keluhan mata lelah dan menjaga kesehatan mata saat bekerja WFH sepanjang hari. Stay safe and healthy, yah #SahabatPrimacom!