Kebutuhan pengelolaan dan pemanfaatan data secara profesional kian meningkat seiring dengan laju digitalisasi di Indonesia. Untuk merespons peluang tersebut, saat ini tersedia berbagai infrastruktur digital yang dapat dimanfaatkan perusahaan untuk efisiensi proses bisnis, misalnya seperti layanan data center dan layanan cloud.

 

 

 


Sumber Ilustrasi: Freepik.com

 

 

 

 

[Baca Juga Seperti Apa Data Center yang Ideal? Simak 4 Tips Berikut!]

 

Meskipun sama-sama berfungsi sebagai sarana penyimpanan dan pengelolaan data secara digital, ternyata ada perbedaan mendasar antara kedua layanan tersebut. Lantas, mana yang paling unggul? Simak penjelasan berikut ini!

 

Data center merupakan infrastruktur fisik untuk menyimpan, mengatur, memproses, dan mengirim data berskala besar. Di dalamnya, terdapat sejumlah server yang ditata rapi pada rak-rak khusus, lengkap dengan sistem pendingin, sistem keamanan, dan sistem power supply. Layanan data center menjadi jawaban bagi perusahaan yang belum memiliki infrastruktur IT mumpuni untuk mengelola data berskala besar secara profesional. 

 

Dengan menggunakan layanan data center bersertifikasi internasional, penyimpanan data perusahaan akan semakin terjamin keamanannya. Selain itu, layanan data center dapat mengefisiensi anggaran perusahaan daripada membangun dan mengelola data center secara mandiri.

 

Berbeda dengan data center yang merupakan infrastruktur fisik, cloud adalah versi off premise atau nonfisik dari data center. Artinya, fungsi penyimpanan, pemrosesan, dan pengiriman data dapat dilakukan melalui jaringan internet. Perusahaan yang menggunakan layanan cloud tidak harus berinvestasi pada perangkat fisik sehingga biaya yang dialokasikan lebih hemat.

 

Saat ini, layanan cloud tengah digemari banyak perusahaan, khususnya perusahaan rintisan dan UMKM yang memiliki anggaran terbatas. Selain lebih hemat dari sisi biaya, layanan cloud juga lebih fleksibel karena dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

 

Secara garis besar, cloud dan data center memiliki keunggulan masing-masing. Untuk menentukan pilihan, coba petakan seperti apa kebutuhan bisnis Anda.

 

Apabila Anda menginginkan layanan eksklusif,  layanan data center menjadi pilihan tepat. Sebab, perangkat penyimpanan milik Anda akan diletakkan di dalam rak yang ditujukan khusus bagi satu pelanggan. Itu artinya, Anda dapat menikmati privasi dan konfidensialitas maksimal.

 

Sementara itu, apabila Anda menginginkan layanan yang praktis dan ekonomis, layanan cloud merupakan opsi yang direkomendasikan. Mulai dari pemeliharaan server hingga perawatan fasilitas, semua menjadi tanggung jawab penyedia cloud. Selain itu, Anda dapat mengatur sendiri besar-kecilnya kapasitas cloud yang dibutuhkan.

 

Ingin mencari layanan data center dan layanan cloud yang cocok bagi bisnis Anda? Primacom Data Center dan Primacom Cloud memberikan solusinya! Segera konsultasi kebutuhan bisnis Anda dan dapatkan penawaran spesial dari Primacom! Klik di sini!