Harapan Indonesia untuk mewujudkan pemerataan konektivitas terasa semakin nyata berkat upaya yang dilakukan pemerintah dalam hal mempercepat pembangunan akses telekomunikasi, khususnya di area terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T) di Indonesia.

 

 

 


Ilustrasi Konektivitas
Sumber: Freepik.com

 

 

 

Melalui proyek yang dipelopori Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo, pemerintah berkolaborasi dengan pihak swasta, termasuk Primacom, untuk menyediakan konektivitas satelit yang mampu menjangkau daerah-daerah yang selama ini sulit dijangkau oleh konektivitas terestrial.

 

Apabila pembangunan konektivitas sudah merata, masyarakat baik di kota maupun di desa dapat lebih mudah terkoneksi dengan internet. Dengan demikian, berbagai aspek kehidupan, termasuk kewirausahaan, pendidikan, kesehatan, dan pemerintahan dapat menjadi lebih efisien.

 

Apa saja kemerdekaan yang dapat dirasakan masyarakat dengan kehadiran internet?

 
Merdeka Mengakses Informasi

Era digital memungkinkan informasi mengalir dengan pesat. Masyarakat dapat memperoleh ataupun membagikan informasi dengan begitu cepat, bahkan hanya dalam hitungan detik. Internet memungkinkan masyarakat di area 3T memiliki akses yang sama terhadap informasi. Tentu semua ini harus diiringi dengan literasi digital yang mumpuni alias keterampilan untuk memanfaatkan media komunikasi digital dengan bijak, cerdas, dan tepat sesuai kegunaannya. Literasi digital diperlukan untuk mencegah penyebaran hoaks, ujaran kebencian, dan tindak pidana melalui kanal digital.

 
Merdeka dari Jarak Pemisah

Internet dapat menghubungkan masyarakat di satu pulau dengan pulau lainnya secara real-time. Mereka dapat berkomunikasi, berinteraksi, bahkan melakukan transaksi hanya dengan sebuah perangkat digital di tangan mereka. Internet seolah-olah merobohkan sekat pemisah.  

 
Merdeka Memulai Usaha

Internet memunculkan banyak peluang-peluang bisnis baru. Kini, masyarakat tidak memerlukan toko fisik supaya dapat berjualan. Dengan memanfaatkan internet, mereka bahkan bisa menawarkan produknya ke konsumen di luar kota, luar pulau, bahkan luar negeri! Profesi-profesi baru pun bermunculan seiring dengan pesatnya perkembangan internet. Masyarakat dapat memanfaatkan peluang-peluang ini jika memiliki akses yang memadai terhadap internet.

 

Itu dia 3 kemerdekaan yang dapat dirasakan masyarakat apabila terkoneksi dengan internet. Pada peringatan HUT ke-76 RI ini, ayo kita dukung pembangunan dan pemerataan konektivitas nasional demi terwujudnya #MerdekaAksesInternet!

 

Dengan semangat solidaritas, kita menuju Indonesia yang tangguh dan bertumbuh!

Dirgahayu Republik Indonesia!