|

Mengapa Latensi PrimaStar Menyerupai Fiber Optik?

Layanan komunikasi berbasis satelit dan berbasis kabel fiber optik memiliki karakteristiknya masing-masing. Di saat media kabel fiber optik menawarkan kecepatan dan stabilitas koneksi, media komunikasi satelit menawarkan cakupan akses koneksi yang lebih luas dan mampu menjangkau daerah yang sulit dijangkau oleh media kabel.

Dari segi kecepatan pertukaran data, tidak dimungkiri bahwa media kabel fiber optik jauh lebih cepat daripada antena satelit. Pasalnya, komunikasi melalui media antena satelit memerlukan proses pengiriman data ke satelit di luar angkasa agar dapat diteruskan kembali ke pihak penerima di bumi. 

Dalam hal ini, latensi pada komunikasi satelit lebih besar dibanding latensi pada komunikasi berbasis fiber optik. Latensi adalah jeda waktu yang dibutuhkan dalam proses pengiriman data. 

Seiring perkembangan teknologi, kini hadir layanan komunikasi satelit yang mampu menawarkan latensi menyerupai kabel fiber optik. Layanan PrimaStar dari Primacom adalah salah satu contohnya. Walaupun berbasis antena satelit, layanan komunikasi PrimaStar menghadirkan pengalaman seolah menggunakan kecepatan fiber optik. 

Mengapa bisa demikian? Ayo simak penjelasan di bawah ini lebih lanjut! 

Konstelasi LEO

Ilustrasi Orbit Konstelasi LEO.

PrimaStar, layanan komunikasi satelit menggunakan perangkat Starlink Business, memanfaatkan konstelasi satelit LEO (low-earth orbit). Lintasan satelit LEO adalah yang paling dekat dengan bumi jika dibandingkan dengan lintasan satelit GEO (geostationary orbit) dan MEO (middle-earth orbit). 

Sebagai ilustrasi, jarak lintasan satelit GEO adalah ± 35.000 km dari permukaan bumi, satelit MEO berkisar ± 8.000 – 20.000 km dari permukaan bumi, dan satelit LEO Starlink mengorbit pada jarak hanya 550 km dari permukaan bumi. 

Dengan lintasan orbit yang dekat ini, satelit LEO dapat memberikan latensi yang jauh lebih rendah, yakni ± 50 milidetik (ms), hampir setara dengan latensi yang dihasilkan oleh koneksi fiber optik. Semakin kecil latensi, maka semakin cepat respons waktu yang dirasakan oleh pengguna saat menggunakan layanan komunikasi. 

Selain itu, PrimaStar tidak hanya mengandalkan satu atau dua satelit, tetapi ribuan satelit LEO Starlink yang bekerja secara terkoordinasi untuk menghasilkan jaringan yang berkualitas. PrimaStar memastikan bahwa koneksi dapat diteruskan dengan cepat dari satu satelit ke satelit lainnya hingga mencapai pengguna akhir. Jaringan ini memungkinkan distribusi data yang lebih efisien, mirip dengan kecepatan pengiriman data melalui kabel fiber optik. 

PrimaStar dari Primacom

Dengan perangkat yang minimalis dan proses instalasi yang praktis, PrimaStar mampu menghadirkan koneksi yang andal guna menunjang operasional bisnis, khususnya yang beroperasi di kawasan ekstrem dan sulit dijangkau, seperti kawasan tambang, rig area, tengah laut, hamparan kebun, dan sebagainya. 

Hubungi tim Primacom di sini dan dapatkan penawaran menarik untuk layanan PrimaStar dari Primacom! 

Similar Posts